Hi, Mountaineer! Perhatikan Informasi Kebakaran di Gunung Talang Solok Ini

0
465
Kebakaran terjadi persis di puncak Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, yang berketinggian 2.597 mdpl tersebut. (Liputan6.com/Erinaldi)

Jalur pendakian Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, ditutup sementara karena kebakaran hutan yang melanda hutan di gunung itu. Kapolsek Gunung Talang Iptu Naomi Siragi memberi penjelasan, Kamis (1/2/2018).

Ia mengatakan jalur pendakian gunung dengan ketinggian 2.597 meter di atas permukaan laut itu ditutup agar tidak ada aktivitas pendakian karena api masih membakar hutan.

Naomi menjelaskan ada dua jalur pendakian gunung yang terakhir kali meletus pada 2007 itu. Pertama, melalui Jorong Koto Ateh, Nagari Aia Batumbuak, dan kedua lewat Nagari Bukik Sileh, Kecamatan Gunung Talang.

Sejauh ini, pihak pos pendakian bersama warga sudah berhasil membawa turun 15 pendaki. Kondisi pendaki dalam keadaan sehat dan mengaku mengalami kelelahan.

Lahan terbakar luas

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Solok, Dasril mengatakan hingga Kamis kemarin penyebab kebakaran belum bisa dipastikan. Sementara itu, api masih menyala dan kemungkinan luas lahan yang terbakar bertambah.

Kendati demikian, sampai saat ini belum ada informasi korban jiwa terkait bencana itu. Petugas BPBD, Dinas Kehutanan dan petugas pengamat gunung telah menuju ke lokasi kebakaran.

Gunung Talang merupakan salah satu gunung api aktif yang berada di kawasan Kabupaten Solok, dengan ketinggian lebih kurang 2.597 dari permukaan laut. Lebih kurang 300 pendaki menanjak setiap minggunya.

Gunung itu merupakan salah satu objek pendakian yang diminati para pendaki karena jarak tempuhnya yang cukup dekat. Dibutuhkan waktu sekitar tiga sampai empat jam untuk sampai ke puncak.

Kebakaran hutan terjadi di jalur pendakian Gunung Talang di Jorong Koto Ateh Nagari Aia Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, itu terjadi pada Kamis sekitar pukul 10.00 WIB. Demikian dilaporkan Antara dan dikutip dari Infonawacita.com. (*)

LEAVE A REPLY