Hangat dan Segarnya Wedang Bajigur Bude Warsi

0
601
Segelas wedang bajigur yang hangat dan enak dengan adonan kolang-kaling dan rempahnya (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Wedang Bajigur Bude Warsi memang sudah cukup lama dikenal sebagai salah satu warung kuliner minuman khas yang favorit. Letaknya yang di tempat strategis, yaitu timurnya Pagelaran Kraton Jogja, membuatnya menjadi jujugan bagi mereka yang ingin merasakan hangat dan segarnya wedang bajigur ini. Travel Today Indonesia menelisik untuk merasakan

Wedang Bajigur Bude Warsi  sudah berdiri sejak tahun 1999. Dahulu warungnya dikenal dengan Warung Bajigur Kang Gowok. Nama itu diambil dari sebutan akrab Pak Tris suami Bude Warsi sendiri. Konon, Kang Gowok atau Pak Tris ini, merupakan abdi dalem Kraton Jogja. Kabarnya, sambil menjadi abdi dalem, Pak Tris jika malam berjualan Wedang Bajigur ini.

Di warung wedang bajigur ini juga dijual bandreknya yang tak kalah sedap (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Lama kelamaan, warungnya menjadi dikenal oleh masyarakat. Disamping rasa wedang bajigurnya yang sedap, ada menu wedang lainnya yang tak kalah enak, yaitu wedang bandrek, kopi bandrek hingga teh bandrek. Namun, menu andalannya adalah wedang bajigurnya.

Rasa wedang bajigurnya memang dikenal kaya rasa rempah, sehingga banyak orang yang menjadi langganan dan sering  mampir. Apalagi, tempatnya memang berdekatan dengan Alun-alun Utara dan Kraton, sehingga sambil merasakan hangatnya wedang bajigur dan sekalian merasakan temaramnya sore Jogja.

Wedang Bajigur Bude Warsi  membuka warungnya setiap hari, kecuali hari Minggu pada pukul 18.00 hingga tengah malam. Wedang bajigur sebenarnya bukan minuman khas tradisional asli Jogja, konon wedang ini awalnya berasal dari Jawa Barat. Namun entah mengapa, wedang bajigur lebih terkenal di Jogja.

Suasana warungnya yang khas dengan warung kaki lima di tepian Alun-alun dan Pagelaran Kraton Jogja (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Maka, jika Anda ke Jogja, mencari selera lain kuliner wedang, kunjungilah Wedang Bajigur Bude Warsi. Wedang bajigur hangatnya pantas Anda coba, apalagi di malam ketika suasana hujan atau dingin. Sambil seruput hangatnya bajigur, Anda juga bisa cicipi bakmi Pak Pele, karena tempatnya juga berdekatan.

LEAVE A REPLY