Halmahera Promosikan Wisata Bawah Laut Lewat Deep Dive Expo 2018

0
466
Keindahan Halmahera Selatan dalam laut sebagai keindahan bahari. (Foto: halmaheraselatankab.go.id)

Deep Dive Expo 2018 yang pamerannya digelar di JCC Senayan, Jakarta, menjadi peluang bagi Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, menggenjot promosi wisata bawah lautnya, di kawasan yang masuk dalam wilayah Provinsi Maluku Utara tersebut.

Deep Dive Expo 2018 yang diselenggarakan pada 8-11 Maret itu menjadi kesempatan untuk mengenalkan kekayaan Halmahera yang selama ini populer dengan batu bacannya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Halmahera Selatan, Muhammad Nur, dalam dtunjungresort.com, membeberkan apa saja yang akan dikenalkan terkait destinasi wisata di Halmahera Selatan.

Menurut M Nur destinasi wisata seperti diving, kuliner, maupun budaya di Halmahera Selatan patut dikenalkan kepada publik sehingga wisatawan baik lokal maupun mancanegara mengetahui potensi wisata Halmahera Selatan.

Pengunjung Kebanyakan Wisatawan Eropa

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Selatan, Iksan Jasmir mengatakan, banyak dari wisatawan Eropa yang sudah datang ke wilayahnya.

“Kebanyakan yang berkunjung wisatawan dari Eropa. Mereka sangat menyukai diving di beberapa pulau diantaranya di Kepulauan Guraici, Kepulauan Widi, Pulau Sali dan Kusu,” kata Iklan, Sabtu (10/3), seperti dilansir nusantara.rmol.co.

Selain diving, di Halmahera Selatan juga banyak objek menarik diantaranya wisata melihat kupu-kupu dan burung/birdwatching.

Pulau Pogo-pogo, destinasi wisata baru Halmahera Selatan. (Foto: kieraha.com)

Juga ada destinasi wisata pantai yang lagi dkembangkan di Pulau Pogo-pogo Bacan Barat atau sekitar satu jam dari Kota Labuha.

Ya, kawasan Pulau Pogo-pogo sedang dikembangkan pemerintah setempat, dibangun jalan dan jembatan menuju pulau itu, karena akan menjadi destinasi wisata baru Halmahera Selatan.

“Untuk even promosi ini Kami telah bekerjasama dengan dengan dua tour operator yaitu Extradiver/Maluku Explorer dan Salibay Resort,” ujar Iksan.

Wisata Bahari yang Menjanjikan

Manajer Salibay Resort, Stevano BalMelly menambahkan, wisata bawah laut Halmahera Selatan sangat menjanjikan.

“Cukup dengan diving di Halmahera Selatan anda bisa menikmati semua keindahan bawah laut tanpa harus ke Raja Ampat atau Bunaken, karena disini semua ada, baik dari Sea Garden dan Scholing Manta,” ungkap Stevano.

Ya, kehadiran Deep Dive Expo 2018 dimanfaatkan dengan baik oleh Halmahera Selatan sebagai sarana pengenalan wisata bahari yang dimiliki, sehingga lebih banyak lagi menarik kunjungan wisata ke Halmahera Selatan.

LEAVE A REPLY