Hai Traveler, Eksotisme Pantai Kaluku Memanggilmu!

0
48
Eksotisme senja di Pantai Kaluku, Donggala, Sulawesi Tengah. (foto: wisatalengkap.com)

Kabupaten Donggala di Sulawesi Tengah memiliki satu destinasi wisata pantai yang terbilang baru dikembangkan. Jika sebelumnya traveler mengenal Pantai Tanjung Karang, rasanya Anda perlu tahu tentang Pantai Kaluku.

Kaluku adalah bahasa suku Kaili yang bermakna kelapa. Tepat saja, Pantai Kaluku memang dijaga oleh jajaran pohon kelapa yang meneduhkan. Seakan mempersilakan traveler untuk merebahkan badan di atas pasir putih yang terlindung kerindangan pohon kelapa.

Pantai ini terletak di Desa Limboro. Jika ditempuh dari Banawa, ibu kota Kabupaten Donggala, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja. Tak lama. Setibanya di desa itu, akan ada papan petunjuk arah yang membimbing Anda.

Namun, jika traveler mengawali perjalanan dari Kota Palu, ibu kota Sulawesi Tengah membutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk sampai di sana.

Dikelola partisipatif

Hal yang patut diacungi jempol dari destinasi wisata ini adalah pengelolaannya dilakukan secara partisipatif oleh Kelompok Sadar Wisata di Desa Limboro. Upaya keras kelompok ini membuat Pantai Kaluku dikenal luas tak hanya di Donggala, Palu, dan Sigi. Bahkan, banyak pengunjung dari Jawa dan provinsi lain yang telah singgah.

Sensasi ayunan di Pantai Kaluku. (foto: abdulhaliq/SkyscraperCity.com)

Alam telah menganugerahkan pantai pasir putih nan bersih yang nampak sempurna dengan jajaran pohon kelapa dan batu-batu karang. Apalagi, saat matahari tenggelam Pantai Kaluku memancarkan eksotisme tersendiri.

Anugerah alam itu tak disia-siakan oleh Kelompok Sadar Wisata tadi. Mereka menambahkan lapangan voli pantai, juga sejumlah ayunan yang patut dicoba untuk memberikan efek relaksasi.

Nah, ini satu lagi. Pengelola juga memasang beberapa tulisan dengan pesan-pesan moral di batang-batang kayu yang unik. Ini jadi salah satu target swafoto para traveler yang berkunjung ke sana. Traveler, Pantai Kaluku memanggilmu!

LEAVE A REPLY