Gula Aren Simbah Sendangsono, Gula Menoreh yang Mulai Langka

0
25
Sajian gula aren khas Menoreh Kulon Progo di area peziarahan Sendangsono (Purwono NA/Traveltoday)

Gula Aren Simbah Sendangsono memang termasuk sajian gula Jawa yang sudah sulit ditemukan. Namun, jika Anda mengunjungi seputar Menoreh Kulon Progo Jogja, khususnya di tempat peziarahan Sendangsono, Anda masih dapat menemukan penyaji dagangan gula aren asli. Penyajinya adalah seorang simbah yang sudah berusia lebih dari 80 tahunan. Travel Today Indonesia mampir untuk menelisik kemenarikan Gula Aren Sendangsono Menoreh ini.

Biasanya, simbah itu, menyajikan dagangannya di seputar jalan masuk dan keluar area peziarahan Sendangsono. Gula Arennya terkenal asli dan sedap aromannya. Harganya biasanya perbungkusnya sekitar Rp. 35.000. Hal itu memang lebih tinggi dibandingkan dengan gula-gula Jawa lainnya, karena gulanya terbuat dari aren asli yang langsung merupakan hasil nira dari pohon aren dan diolah dengan cara tardisional.

Tidak hanya sajian gula arena, namun juga ampyang dan wajik-krasikan (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Biasanya, simbah ini menjual sejumlah gula arennya dengan ditemani suaminya yang juga sudah tua. Barang yang dijual tidak hanya gula aren, melainkan juga beberapa bungkus ampyang dan wajik khas makanan Menoreh Kulon Progo.

Gula Aren memang sekarang tidak banyak tersedia di berbagai pasar umumnya. Hal iu dikarenakan, sekarang pengrajin gula dari nira pohon aren mulai menurun. Padahal gula aren sangat cocok untuk campuran minuman tradisional dari bandrek, bajigur hingga dawet, atau bahkan untuk kopi.

Gula aren yang memang dihasilkan dari nira pohon aren serta diolah dengan cara tradisional, memang mulai terkikis zaman. Padahal keunggulan dari gula aren jika dibandingkan dengan gula kelapa adalah dari segi aroma dan rasa gurihnya yang membuat cocok untuk adonan minuman dan makanan tertentu.

Sayangnya memang gula aren tidak mudah ditemukan. Maka, jika Anda mampir dan berziarah ke Sendangsono, khususnya yang beragama Katolik, silahkan untuk menyambangi dagangan Gula Aren Simbah Sendangsono ini. Walaupun di jalan masuk sebelumnya, sudah banyak yang berjualan, namun biasanya hanya tersedia gula Jawa saja.

Suasana di seputar Sendangsono, bangunan yang dirancang oleh Mangunwijaya (Foto Purwono NA/Travetoday)

Tentu gula aren ini sangat cocok untuk oleh-oleh, khususnya bagi kerabat atau tetangga Anda yang saat ini sulit untuk menemukan gula arena ini. Apalagi, gula aren terbilang lebih unggul daripada gula kelapa bagi para penderita diabetes.

LEAVE A REPLY