Gudeg Pasar Pathuk, Gudeg “Terpelang” Enak yang Tersembunyi

0
500
Gudeg Pasar Pathuk, gudeg tersembunyi khas tradisional Jogja (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Gudeg Pasar Pathuk yang terletak di area sekitar pasar yang tepatnya di Jalan Bhayangkara No.6, Ngupasan, Gondomanan, Jogja, merupakan salah satu gudeg pagi yang pantas Anda cicipi. Warung gudeg ini terletak di sebelah selatan pasar, di ujung jalan masuk. Warungnya cukup tersembunyi, sehingga tidak begitu terlihat dari jalan utamanya. Travel Today Indonesia berkesempatan mampir untuk mencicipinya.

Orang mengenalnya dengan Gudeg Pasar Pathuk. Warungnya yang kecil, sehingga jarang sekali para pengunjung atau pelanggan memakannya langsung di tempat, sebagian besar langsung dibungkus untuk dibawa pulang. Uniknya, bungkusannya dibuat dengan cara “terpelang,” seperti model bungkusan nasi uduk.

Gudeg dengan bungkusannya cara “terpelang,” seperti model bungkusan nasi uduk, porsinya pun jumbo (Foto Purwono NA/traveltoday)

Apalagi, bungkusan “terpelangnya” dengan daun pisang, sehingga membuat rasa gudeg semakin beraroma enak dan tradisional. Porsinya pun begitu luar biasa banyak, sehingga satu bungkus sering kali Anda tidak akan kuat menghabiskan. Padahal, harga satu bungkus gudeg “terpelang’ itu rata-rata sekitar Rp. 7000 hingga Rp. 12.000, tergantung lauknya.

Biasanya, Gudeg Pasar Pathuk membuka lapaknya semenjak pukul 05.00 pagi hingga menjelang siang. Maka, para pelanggan atau pengunjungnya kebanyakan orang yang lari pagi atau jalan-jalan dan para pengunjung pasar. Letak lokasinya yang berdekatan dengan area Maliboro, membuat gudeg ini menjadi sasaran unik untuk sarapan. Tentu, biasanya dengan bungkusan khas “terpelangnya” itu, mereka bawa entah ke hotel atau area-area dimana mereka bermalam.

Gudeg Pasar Pathuk, memang sudah lama bergeliat memberi khasanah gudeg tradisional Jogja. Rasanya pun menyajikan rasa gudeg khas tradisional dengan olahan gudeg kering. Warungnya yang sederhana dengan lincak, atau semacam  bangku lebar untuk menyajikan bahan baku gudegnya, membuatnya semakin memberi sauasana Jogja.

Letaknya cukup tersembunyi di pinggir sebelah selatan Pasar Pathuk (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Menariknya lagi, membungkusnya dengan model “terpelang,” akan membuat Anda semakin mencintai gudeg ini. Bagi Anda yang ingin porsi jumbo, Gudeg Pasar Pathuk-lah pilihannya, dan hal itulah yang membuat para rombongan anak-anak sekolah kadang membungkusnya sambil mereka memburu Bakpia di Pasar Pathuk ini.

 

LEAVE A REPLY