Gua Garunggang, Geopark Manis Dekat Sentul yang Layak Disusuri

0
444
Siapa sangka ada 'Machu Pachu' Indonesia di tempat tersembunyi ini. (Foto: blogfahrulrozi.blogspot.co.id)

Gua Garunggang yang tepatnya berada di Karang Tengah 2, Babakan, Madang, Sentul merupakan Geopark indah yang jaraknya relatif dekat dari Jakarta. Tempatnya memang tidak jauh dari Curug Leuwi Asih.

Jika sudah sampai di Leuwi Asih, Anda dapat naik sekitar 3 kilometer mengikuti jalan beraspal, melewati Leuwi Hejo, Leuwi Lieuk, Curug Baliung, menuju tempat ini. Tempat ini sering dijuluki Machu Pichu yang ada di Peru itu lho….

Jika Anda naik kendaraan bermotor, akan lebih mudah. Anda dapat parkir kendaraan bermotor Anda di kawasan Curug Leuwi Asih, lalu Anda dapat melakukan trekking, kurang lebih sejauh 3 kilometer melewati jalan setapak perkampungan dengan dikelilingi hutan pinus menuju destinasi keran itu.

Medan yang unik dengan bebatuan alam. (Foto: asset.kompas.com)

Banyak Aktivitas Seru

Dalam laman travel.kompas.com, dikatakan bahwa Anda sesampainya di Gua Garunggang, dapat melakukan berbagai akivitas wisata, yaitu dari camping atau melakukan penelusuran gua dipandu seorang warga.

Anda pun dapat juga melakukan bouldering atau panjat tebing. Di Gua Garunggang ada banyak tebing pendek dengan tingkat tantangan yang cukup bervariasi, dari yang mudah hingga yang sulit.

Gua Garunggang sebenarnya sudah masuk dalam pengelolaan geopark di bawah naungan Perhutani, namun tempat wisata gua ini belum dikembangkan dengan lebih luas, padahal potensinya sebagai geopark termasuk menarik.

Gua ini mempunyai panorama bebatuan yang menarik untuk disusuri. Kawasannya memang tidak terlalu luas, sehingga lebih mudah untuk dicapai dengan lebih mudah.

Banyak bebatuan unik untuk spot foto keren semacam ini. (Foto: jazztinap.blogspot.co.id)

Oh, ya. Jangan lupa untuk membawa senter atau headlamp ya. Gua ini temasuk gua vertikal sehingga untuk masuk disediakan tangga dari pepohonan. Cukup kokoh kok. Tempat ini sangat gelap.

Namun begitu memasuki goa ini, menurut ifanobi.com, Anda akan disuguhi staglatit dan stalagmit mati yang eksotis, suara gemericik air menambah kesyahduan suasana. Goa ini tidak tembus, sehingga anda harus melewati jalan yang sama untuk kembali.

Setelah selesai dengan Gua Garunggang, Anda pun dapat melihat potensi lain wisata yang ada di sekitar Gua Garunggang. Anda dapat juga mampir di Leuwi Hejo, Leuwi Lieuk, Curug Baliung, dan beberapa curug lagi yang sangat di sekitarnya.

LEAVE A REPLY