Grojogan Klenting Kuning , Penghilang Penat dan Pening

0
406
Di bawah air terjun kekuningan nan unik di Grojogan Klenthing Kuning. (foto: Firman Setyawan)

Ingat Klenting Kuning, ingat Ande-Ande Lumut. Ya, kisah turun temurun yang melegenda itu. Namun sebuah grojogan di Desa Kemawi Kecamatan Sumowono Bantir ini, nama Klenting Kuning dipilih karena di sana terdapat air terjun dengan dinding berwarna kuning dengan air yang jernih.

Juga menurut studentofbutterfly.blogspot.co.id, salah satu versi penamaan Klenting Kuning adalah karena air yang keluar mirip klenthing (semacam pancuran kecil) dan airnya terlihat berwarna kuning. Sebetulnya warna kuning air ini akibat dari refleksi warna tebing grojogan yang juga kekuningan itu.

Panorama pemandangan di dalam Grojogan Kleting Kuning. (fFoto Instagram @rikko_official)

Curug atau grojogan ini memiliki tekstur tebing berbatuan dengan warna kekuningan. Sumber air yang mengalir, dingin dan jernih, langsung dari Gunung Ungaran, dengan kandungan belerang yang tinggi. Ada dua air terjun dengan tebing berwarna kuning di sini, air terjun besar dan air terjun kecil. Semua nampak elok bersanding dengan hutan pinus lebat di sekeliling.

Dilansir Solopos.com, Grojogan Klenting Kuning memang merupakan air terjun yang tak terlalu tinggi. Namun dengan perpaduan warna tebing yang kuning, air berwarna hijau, dan tumbuhan dan bunga-bunga sekitar yang indah, menjadikan tempat ini memiliki pesona yang unik dan tersendiri.

Terdapat semacam gubug-gubug kecil yang menyebar di seluruh lokasi. Dari sudut manapun, akan selalu nampak pemandangan indah dan menyegarkan. Saya merasa seperti berada di sebuah taman rahasia di dasar jurang, dikelilingi hutan yang amat misterius. Sensasinya sungguh menakjubkan.

Berfoto bersama bunga-bunga unik nan elok. (foto: Firman Setyawan)

Untuk menuju ke lokasi ini, dari Semarang atau Salatiga, Anda bisa berbelok ke Bandungan, mengikuti jalan menuju Candi Gedong Songo, terus lanjut ke Terminal Sumowono. Terus ikuti jalan arah Boja menuju ke Bantir, Desa Kemawi, di sebelah kanan jalan, Anda akan melihat papan penunjuk arah menuju Grojogan Klenting Kuning.

Jalanan berkelak-kelok dan naik turun, namun asyik. Maklum, letaknya saja di lereng gunung. Saya sendiri, yang pada waktu itu sedang ditugaskan di Bantir, bersedia diajak beberapa kawan untuk sejenak rehat, menuju Grojogan Klenting Kuning dengan memakai kendaraan mobil pick up. Dingin cuaca dan segarnya udara membuat perjalanan makin menyenangkan.

Tempat ini masihlah sepi sunyi. Pengelolaan belum sepenuhnya lengkap sehingga masih nampak sederhana. Mampirlah, Anda hanya perlu membayar tiket murah untuk pemandangan menakjubkan ini. Percayalah, ini spot yang oke juga untuk berfoto mengabadikan kenangan.

Grojogan Klenthing Kuning, sungguh bisa menjadi penghilang penat dan pening. Gunakan intuisi petualangan terbaik Anda, hingga hasrat berwisata Anda ke tempat ini terpenuhi.

LEAVE A REPLY