Goa Koneng Pulau Kangean, Gua Nyentrik yang Dominan Kuning

0
549
Magis dengan warna kuningnya. (Foto: pesonakangean.blogspot.co.id)

Traveler, ada destinasi wisata baru bernama Goa Koneng yang nyentrik karena memiliki warna dominan kuning. Meski terbilang baru, gua ini dipadati karena diminati wisatawan lho. Bahkan mereka rela antre menikmati gua dengan keindahan alami ini.

Wisata Goa Koneng, menurut portalmadura.com, merupakan salah satu objek wisata di Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Letaknya di Dusun Nyamplong Ondung, Desa Kalikatak, Kecamatan Arjasa, Sumenep.

Gua Koneng  berjarak 5 km dari pusat kota Arjasa. Di pinggir jalan kurang lebih 1 Km dari pesisir pantai Pulau Kangean. Sebelah baratnya terdapat pagar-pagar kayu yang seperti membatasi satu lahan.

Area Semedi 

Salah satu tempat petilasan Potre Koneng. (Foto: Tjoekoep Mas Syafii‎/Facebook)

Konon, Dr. Ir. H. Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat pada periode 1945–1966 pernah melakukan semedi di gua tersebut. Cerita tutur para sesepuh desa setempat mengalir secara turun-temurun. Namun, tidak dijelaskan berapa lama dan tahun berapa bersemedi.

Kisah lain dari Gua Koneng adalah menjadi tempat bersemedinya para penguasa Sumenep tempo  dulu. Sejumlah raja pernah berlama-lama di dalam gua tersebut.

Bahkan, seorang putri dari salah satu raja Sumenep yakni Potre Koneng pernah duduk di sebuah batu yang mirip kursi (Madura, Korse) tersebut sambil menunggu kedatangan Jokotole. Saat ini, batu tersebut diberi tulisan larangan untuk dinaiki.

Karakteristik Goa Koneng

Di sekitar Gua Koneng sudah ada pengembangan pembangunan yang bersumber dari desa, selain jalannya sudah bagus, juga ada warung makan, sejumlah tempat istirahat (gazibo), rumah pohon dan mainan anak-anak lainnya.

Kawasan Goa Koneng yang keren. (Foto: PotretMadura/Facebook)

Tempat yang sejuk dan nyaman ini cocok dijadikan destinasi wisata bersama keluarga. Pemerintah setempat juga nampak mulai berbenah, membagun kawasan Goa Koneng agar makin diminati wisatawan.

Menurut berita, keunikan dan keindahan Gua Koneng ini nyaris tidak ada duanya. Selain luas, bersih dan batunya unik serta indah, juga terdapat bentuk batu yang menyerupai perabot rumah tangga, misalnya, batu kursi, batu mirip tiang rumah, bahkan ada tempat istirahat.

Wisatawan bebas masuk ke dalam gua dengan mempersiapkan alat penerangan. Warga setempat sangat ramah dan mau mengantar pada bagian-bagian gua yang layak dikunjungi.

Meski ada larangan untuk tidak duduk di batu yang mirip kursi tersebut, tak menyurutkan rasa antusias wisatawan untuk tetap datang dan menikmati Goa Kuning ini.

Wisata Sumenep Keren Lainnya NihGili Iyang, Destinasi Sehat Dengan Kadar Oksigen Terbaik Kedua Setelah Yordania Lho!

LEAVE A REPLY