Gerak Jalan Batik Nasional di Festival Budaya Nusantara 2017 Tangerang

0
39
Arak-arakan Festival Budaya Nusantara 2017 di Tangerang. (foto: www.nasionalxpos.co.id)

Gerak Jalan Batik Nasional dalam Festival Budaya Nusantara 2017, berlangsung meriah di tangerang. Didukung Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, acara itu digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI ) ke 72 dan Hari Guru Nasional (HGN).

Dengan start Tugu Adipura Kota Tangerang dan finish pusat pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang itu menampilkan pakaian adat dan budaya 33 Propinsi.

Arak-arakan adat dan budaya Nusantara, menurut poskotanews.com, ditampilkan dari seluruh SKPD dan komunitas di Kota Tangerang, sebagai pembukaan Festival Budaya Nusantara (FBN) yang digelar Pemkot Tangerang, Minggu(3/12/2017). Parade dimulai dari Tugu Adipura menuju lokasi acara di Plaza Puspem Kota Tangerang.

Festival buday Tangerang - Gerak Jalan Batik Nasional di Festival Budaya Nusantara 2017 Tangerang
(foto: katanews.id)

Ratusan perwakilan SKPD dan beragam komunitas berjalan menggunakan aneka pakaian adat dari seluruh Indonesia. Mereka juga menampilkan tarian-tarian asal daerah, dari Sabang hingga Merauke. Warga pun menyemut menonton parade ini.

Walikota Tangerang, Arief R. Wismanysah, menjelaskan pagelaran FBN ini untuk lebih membumikan budaya Nusantara kepada warga Tangerang. ”Banyak tontonan pokoknya, pagi itu ada Arak-arakan Budaya, kemudian Gerak Jalan Batik, malamnya ada Pertunjukan Lenong,” ujarnya.

Arief juga mengundang warga dari luar kota di akhir pekan ini. “Enggak perlu capek-capek nyetir sendiri karena banyak akses menuju Kota Tangerang. Bisa pakai kereta atau moda kendaraan massal lainnya,” tambahnya.

Festival buday Tangerang 3 - Gerak Jalan Batik Nasional di Festival Budaya Nusantara 2017 Tangerang
Kemeriahan dan antusiasme Festival Budaya Nusantara Tangerang 2017. (foto: www.nasionalxpos.co.id

Rencananya pada hari terakhir, yakni Kamis (7/12/2017), ada sendratari Ramayana yang diiringi dengan pertunjukan visual menggunakan teknologi canggih. “Dikemas dalam seni pertunjukan lighting yang pertama kali ada di Kota Tangerang, namanya Tangerang Dalam Visual,” cetus Arief.

Menurut katakota.com, sebagai informasi, festival budaya nusantara tahun 2017 ini digelar mulai tanggal 3 hingga 7 Desember tahun 2017 yang diisi dengan berbagai perlombaan diantaranya lomba palang pintu, lomba tari kreasi nusantara, lomba baju pengantin tradisional, lomba stand up comedy serta penampilan sendratari Ramayana dan pertunjukan lighting Tangerang Dalam Visual di penutupan kegiatan.

“Jadi gak cuma budaya tradisional tapi juga ada budaya jaman now.” Tutup Wali Kota.

LEAVE A REPLY