Gembirakan Lansia Dengan 7 Pilihan Destinasi Wisata Ini

0
1035
Foto: www.beritasatu.com

Traveler, bila Anda ingin menyenangkan kakek nenek Anda atau orang tua berusia lanjut, ataupun Anda sendiri yang telah berusia lanjut namun gemar melakukan perjalanan wisata. Anda bisa gembirakan diri Anda maupun mereka menuju destinasi wisata ramah lansia.

Travel Today Indonesia menghimpun 7 destinasi wisata ramah lansia yang bisa menjadi inspirasi;

1. Museum Nasional Indonesia – Jakarta

Foto: www.indoindians.com

Museum Nasional Indonesia di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, sangatlah ramah terhadap lansia. Tempat  nyaman dan tidak membuat lelah. Menurut swara.tunaiku.com, area museum dikenal ramah bagi para manula. Karena umumnya museum adalah ruangan tertutup, kemungkinan orangtua bakal kepanasan adalah nol. Mereka pun bisa berkeliling sambil menikmati eksibisi atau belajar hal baru tanpa kelelahan karena ukuran museum nggak terlalu luas. Membawa mereka ke museum bakal bermanfaat buat kamu juga. Kamu bisa menghabiskan quality time dengan kakek dan nenek serta belajar hal baru.

2. Kebun Bunga Tomohon – Manado

Foto: ksmtour.com

Perkebunan ataupun taman bunga menjadi tempat ideal bagi lansia. Misalnya kebun bunga Tomohon ini,  berada hanya sekitar 22 km dari ibukota provinsi di Kota Manado, Tomohon memiliki lahan luas untuk perkebunan bunga. Mekarnya hektaran bunga akan membuat segar mata, ditambah manis lagi karena pemandangan ini dilatari dengan lanskap gunung yang menjulang kokoh. Selain itu, dalam www.kaskus.com, tentu saja cuaca di sana sangat sejuk khas daerah dataran tinggi yang ditunjang juga dengan kesegaran udara yang memanjakan tubuh. Hanya saja mungkin persiapkan pakaian tebal bagi kaum manula agar tubuh tidak mengalami penurunan suhu yang ekstrim.

3. Pantai Depok – Yogyakarta

Foto: astutianamudjono.files.wordpress.com

Gemuruh ombak dan panorama luas yang menyatukan laut dan langit dapat menjadi relaksasi khusus bagi lansia. Anda bisa ajak para Lansia ke pantai manapun yang terdekat dengan lokasi di mana para lansia tinggal. Salah satu contoh adalah Pantai Depok di Bantul, Yogyakarta ini.

4. Kebun Teh Malabar – Pengalengan, Jawa Barat

Foto: www.infobdg.com

Berwisata ke kebun teh bersama lansia, dalam www.kaskus.com, menjadi salah satu pilihan yang cocok. Udara segar menjadi pembangkit semangat kesehatan di paru-paru mereka. Hijaunya daun teh yang membentang luas juga akan memberikan vitamin bagi mata yang juga akan berpengaruh pada kesehatan.

Nuansa tenang nan jauh dari kebisingan menjadi terapi sendiri untuk pendengaran mereka. Hingga hembusan angin segar khas dataran tinggi akan merangsang indera raba mereka. Akhirnya semua itu akan berpengaruh kepada otak dan rasa bahagia mereka.

5. Wisata Barang Antik Jalan Surabaya – Jakarta

Foto: tigorqsihombing.files.wordpress.com

Melihat barang-barang antik menjadi refreshing tersendiri bagi lansia. Mereka akan senang melihat-lihat sambil mematutkannya dengan kenangan hidupnya. Pasar barang antik di Jalan Surabaya ini sendiri sudah ada bahkan sejak tahun 1960. Kini ratusan penjaja barang antik berjajar di sepanjang setengah kilo jalan surabaya. Karena keunikannya ini, tidak hanya masyarakat Jakarta yang datang, tetapi juga dari kota lain bahkan dari luar negeri.

6. Kampoeng Batik Kauman – Pekalongan

Pengembangan kawasan Kampung Kauman menjadi kawasan wisata sudah dikelola dengan baik sehingga Kampoeng Batik Kauman Pekalongan ini juga terpilih sebagai kampung wisata terbaik tingkat nasional tahun 2015 lalu. Penobatan Pekalongan sebagai kota kreatif dunia oleh UNESCO juga membuat Kauman terus berbenah untuk menyambut wisatawan. Anda bisa pilih tempat ini bagi lansia, melihat-lihat proses pembuatan batik, juga melihat hasil produksinya.

7. Desa Wisata Osing – Desa Adat Kemiren Banyuwangi

Foto: siskanurifah.files.wordpress.com

Traveler, ajak Lansia kesayangan Anda ke Desa Wisata Osing. Desa wisata akan melibatkan lansia beraktivitas dan tidak merasa sendirian. Mereka akan merasa berguna di usia mereka dan bertemu teman-teman baru yang sebaya dan masih berkarya dengan penuh semangat.

LEAVE A REPLY