Gangan Ikan Belitung, Kuliner Ikan yang Sedap Enak

0
25
Semangkuk Gangan Ikan yang sedap (Foto bp.blogspot.com)

Gangan Ikan, merupakan kuliner khas Belitung yang telah menjadi kekayaan bagi cita rasa masakan nusantara. Kuliner ini merupakan masakan ikan yang menyerupai model masakan sup asem atau gulai dengan bumbu kunyit yang khas, namun tanpa santan. Gangan Ikan ini memang mudah dijumpai jika Anda mengunjungi Belitung. Di beberapa resto, senantiasa menyediakan masakan Gangan Ikan ini.

Gangan Ikan Belitung memang cita rasa kuliner yang cukup unik, karena masakan ini ditambahkan juga tirisan buah nanas muda yang membuat adonan rasa menjadi semakin sedap. Biasanya Gangan Ikan ini disantap bersama dengan nasi hangat yang membuatnya menjadi semakin enak. Tentu, Gangan Ikan ini juga enak disantap dengan rasa yang pedas dan gurih dengan campuran cabai.

Ada Beberapa Rumah Makan yang Menjual Gangan Ikan

Dalam Gangan Ikan Belitung ini, jenis ikan yang biasanya diolah adalah ikan kakap dan ikan ketarap. Memang Gangan Ikan lebih sedap jika dimakan dengan pedas. Dalam laman laman ayooberita.com, dikatakan ada kurang lebih 10 restoran atau rumah makan di Belitung yang menyajikan masakah kuliner khas Gangan Ikan ini.

Rumah Makan Tempoe Doeloe, salah satu rumah makan yang menjual Gangan Ikan (Foto travelingyuk.com)

Diantaranya, ada restoran Dewi di Tanjungpandan, Rumah Makan Mutiara, Rumah Makan Tempo Doeloe, Resto Lor di Tanjung Tinggi dan masih ada beberapa lagi yang memang menyediakan Gangan Ikan ini. Namun kadang ada jenis Gangan lain, yaitu apa yang sering disebut dengan “Gangan darat”, yaitu masakan ala Gangan yang bahan dasarnya adalah daging sapi.

Dalam laman billitonese.blogspot.com, dikatakan bahwa dalam sejarahnya yang pernah ditulis oleh KA. Moehi yang berjudul Kubok, diperkirakan tanah Belitung awalnya budaya makanan yang berasal dari daratan atau gunung, bukan pantai. Namun, pada perkembangan berikutnya, dengan adanya kuliner Gangan Ikan ini, diperkirakan merupakan kuliner perpaduan dengan budaya Melayu lainnya. Hal tersebut terlihat dari berbagai masakan model jenis lainnya yang mirip dengan olahan Gangan Ikan ini.

LEAVE A REPLY