Forest Walk, Cara Sehat Menikmati Hutan Kota di Bandung

0
291
Foto: bersapedahan.files.wordpress.com

Forest Walk atau fasilitas bagi pejalan kaki menikmati suasana hutan kota tengah dibangun di Bandung. Pemerintah Kota Bandung memang mengupayakan destinasi wisatanya tetap lestari.

Forest Walk ini terbentang sepanjang dua kilometer di kawasan Babakan Siliwangi atau Baksil. Wahana ini terdiri dari jalur khusus pejalan kaki dengan basis kayu ini dibangun mengelilingi taman.

Rencananya, seperti dikutip Kantor Berita Antara, Forest Walk ini akan terhubung dengan Skywalk Cihampelas. Jadi masyarakat hanya tinggal berjalan kali menyusuri jembatan untuk bisa menikmati beberapa tempat pariwisata.

Salah satu sudut Forest Walk di Taman Baksil. (Foto: irinerainbow.blogspot.co.id)

Ya, letaknyapun sangat strategis karena masih termasuk dalam area jantung kota. Selain itu lokasinya dekat ke berbagai tempat wisata seperti mall Cihampelas, Kebun Binatang, dan Punclut.

“Forest Walk ini konsep kelas dunia yang biasa dilakukan di seluruh dunia untuk menikmati alam dengan cara yang mudah,” ujar Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Di area Forest Walk segala kegiatan bisa dilakukan mulai dari jogging sampai selfie. Hutan di tengah kota ini juga menjadi solusi bagi warga atau turis yang tak punya banyak waktu menjelajah hutan di pinggir kota Bandung.

Forest Walk Taman Baksil yang sejuk. (Foto: irinerainbow.blogspot.co.id)

“Alhamdulillah awal 2018 saya resmikan Forest Walk, dua kilometer. Mudah-mudahan ini menjadi hadiah bagi orang Bandung ada tempat untuk berekreasi, berjalan kaki dengan segar, dan saya lihat banyak hewan seperti tupai dan burung,” ujar Emil.

Pembangunan Forest Walk menghabiskan biaya hingga Rp17 miliar dalam dua tahun anggaran.

“Tapi namanya hutan kota aktivitas sosialnya ada. Nah bagaimana mewadahi aktivitas sosial di hutan kota. Caranya adalah membuat warga bisa menikmati tanpa merusak, dan bersentuhan langsung,” pungkas Emil.

Namun nampaknya Forest Walk di Taman Baksil ini cukup diapresiasi warga. Menurut laman bersapedahan.wordpress.com, tertulis bahwa pepohonannya lebat seperti di hutan. Salah satu yang menarik adalah fasilitas forest walk, jembatan yang melintasi pepohonan hutan, walaupun jaraknya tidak jauh, tapi sangat asyik.

Hampir semua taman di sediakan fasilitas wifi gratis, rindang dan nyaman untuk sekadar nongkrong atau melakukan aktifitas bersama, dengan keluarga, teman maupun komunitas sehobi.

Wah. Jadi berharap cemas agar pembangunan ini terjadi juga di kota-kota lain di Indonesia.

LEAVE A REPLY