Fantastis! Papua Punya Pohon Pisang Terbesar di Dunia Lho!

0
1651
Pisang terbesar di dunia di pegunungan Arfak, Papua Barat. (Foto: trendingtopicstation.blogspot.com)

Traveler, sungguh luar biasa menakjubkan alam Papua ini ternyata. Bayangkan saja, pohon pisang terbesar di dunia justru ditemukan di Pegunungan Arfak, Papua Barat!

Pisang raksasa tumbuh di area pada ketinggian 1.000 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut.

Musa Ingens, nama ilmiah pohon pisang raksasa ini memang menjadi bagian dari anugerah kekayaan alam yang ada di tanah Papua. Jeff Daniels merupakan warga yang pertama kali menemukannya di tahun 1989.

Serba Jumbo

Traveler bisa bayangkan, pohon pisang setinggi 15 meter dengan batang yang memiliki lingkar keliling 2 meter. Wow. Lebar daunnya saja semeter dengan panjang 5 meter. Wah, serba jumbo!

Foto: www.oocities.org

Belum lagi buahnya yang bisa mencapai 60 kg berat satu tandannya. Juga bila Traveler ambil sebuah pisang raksasa, pasti akan takjub dan terpana. Musa Ingens ini tidak seperti ukuran biasanya, panjangnya bisa mencapai 18 cm dengan diameter 3-4 cm.

Meski sayangnya, pohon pisang raksasa alias Musa Ingens ini amat langka dan sejauh ini baru ditemukan di pegunungan Arfak ini saja.

Termasuk Tanaman Langka

Menurut Kepala Pusat Penelitian Keanekaragaman Hayati (Puslit Kehati) Universitas Papua (Unipa) Manokwari, Charly Heatubun, dalam Tribunnews, pisang raksasa ini merupakan tanaman endemik tanah Papua yang langka.

Keberadaan tunas pada bonggolnya amat jarang sehingga bisa dikatakan amat sulit untuk berkembangbiak. Musa Ingens ini memang yang termasuk sulit untuk dibudidayakan.

Bagaimana tidak, pisang raksasa ini berkembang biak melalui biji yang keras yang terdapat pada buahnya.

Untuk berkecambah saja, biji pisang ini membutuhkan waktu sekitar satu tahun. Setelahmenjadi kecambah, tunas akan tumbuh pelan-pelan menjadi anakan pisang.

Inilah mengapa, Musa Ingens menjadi begitu langka dan entitasnya amat dilindungi.

Ini bisa saja menjadi wisata edukasi bagi Traveler yang menyukai kehidupan bersama dengan alam, bagaimana kabar baik mengenai unsur hara yang melimpah ini terus dapat dijaa keseimbangan ekosistemnya.

Bersediakan Anda ikut bergerak dalam menjaga kelestarian wisata alam Indonesia, Traveler?

LEAVE A REPLY