Es Puter Cong Lik, Legenda Es Krim Kampung Semarangan

0
14
Sajian es puter yang enak dan gurih (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Es Puter Cong Lik membuka lapaknya tidak jauh dari kawasan Simpang Lima Semarang. Tepatnya, berdekatan dengan Rumah Sakit Tlogorejo di Jalan KH.Ahmad Dahlan A No. 11, Semarang Tengah, Karangkidul. Letaknya yang berada di kawasan strategis Semarang membuat Es Puter Cong Lik selalu dikunjungi banyak pelanggan. Apalagi, biasanya orang sehabis jalan-jalan di Simpang Lima, lalu mampir untuk mencicipi  es puter yang sudah melegenda itu.

IMG 20171202 202919 - Es Puter Cong Lik, Legenda Es Krim Kampung Semarangan
Cara menyajikkan es puter yang tetap dengan alat tradisional, membuat es puter ini diburu banyak orang (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Es Puter ini disajikan dengan berbagai  varian rasa seperti coklat, alpukat, kelapa dan durian. Biasanya menu favorit para pelanggan adalah rasa durian. Untuk itu, biasanya untuk es puter rasa durian mempunyai harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang lainnya.

Es Puter Cong Lik menyajikan sensasi rasa es cream ala Indonesia yang sudah melegenda. Jika Anda pernah mencicipi Es “dung-dung” yang dahulu sering dijual keliling kampung, begitulah juga sajian es puter ini. Biasanya dalam setiap satu mangkok es puter, Anda akan jumpai potongan roti tawar, susu, rautan kelapa dan rasa buah yang sesuai dengan pesanan termasuk taburan susu coklatnya.

IMG 20171202 203008 - Es Puter Cong Lik, Legenda Es Krim Kampung Semarangan
Walaupun tempatnya tidak begitu besar, namun dari segi rasa Es Cong Lik tetap dipadati pelanggan (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Es Puter Cong Lik terkenal dengan rasa es puter yang enak dan gurih. Menariknya pula, Anda masih menjumpai bagaimana cara meramu dan menyajikkannya secara tradisional dengan perangkat sederhana. Biasanya satu adonan resep es putar seperti gula, buah, dan air dimasukkan dalam tabung tertutup. Lalu selanjutnya diletakkan es batu yang telah dicampur garam dalam tabung khusus kemudian diputar-putar sampai uap es masuk ke dalam tabung dan mengkristalkan adonannya.

Es Puter Cong Lik sudah membuka 3 cabang di daerah Jalan Seroja, Jalan MT. Haryono dan di depan swalayan Sarinah, Tlogosari Semarang. Dalam laman jateng.tribunnews.com, konon istilah “Cong Lik” berasal dari akronim “Kacung Cilik.” Awalnya, Es Puter Cong Lik dirintis oleh Sukimin dengan cara berkeliling di daerah Mataram dan Pecinan. Ulet dan kerja kerasnya akhirnya menobatkan dirinya disebut sebagai “Kacung Cilik” atau “Pembantu Kecil.” Nama itulah yang akhirnya dipertahankan hingga saat ini.

IMG 20171202 203031 - Es Puter Cong Lik, Legenda Es Krim Kampung Semarangan
Lapaknya tidak jauh dari kawasan Simpang Lima Semarang. Tepatnya, berdekatan dengan Rumah Sakit Tlogorejo di Jalan KH.Ahmad Dahlan A No. 11 (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Bisnis Es Puter Cong Lik ini sudah berjalan beberapa generasi lebih dari 30 tahun. Resep yang sudah dipertahankan secara turun temurun, dengan cara mengolah yang juga tetap mempertahankan segi tradisional, membuat Es Puter Cong Lik ini tak lekang digerus oleh berbagai gempuran macam ragam es cream modern dewasa ini.

LEAVE A REPLY