Enaknya Cenil Bantul

0
225
Cenil di Pasar Mbabrik Ngoto Bantul dijajakan oleh seorang ibu. (foto: Purwono Nugroho Adhi)

Selain Geplak, Kabupaten Bantul juga mempunyai kuliner kudapan yang khas dan enak, yaitu Cenil. Cenil adalah makanan yang terbuat dari tepung kanji, campuran adonan garam, gula pasir, air, parutan kelapa muda dan sedikit pewarna makanan. Maka, Cenil dikenal dengan sajian warna-warninya serta taburan parutan kelapa dan gula pasir yang melezatkan.

Makanan Cenil mudah Anda jumpai di berbagai pelosok pasar tradisional di seputar Bantul. Biasanya jika di pasar tradisional, Cenil dijajakan berkeliling atau ada yang memang membuka lapaknya di sudut tertentu.

Salah satu yang menarik adalah sajian Cenil di Pasar Mbabrik Ngoto Bantul. Cenil disajikan secara ala tradisional. Sajiannya begitu menarik dengan warna-warni yang mengundang selera orang untuk mencicipi.

Biasanya sajian makanan tradisional Cenil di Pasar Mbabrik Ngoto Bantul disajikan oleh seorang ibu dengan tempat “burik” (tempat yang berwana putih berbinti-bintil hijau) yang khas. Harganya juga terbilang murah, biasanya satu bungkusnya sekitar 2000 rupiah.

Sajian Cenil di Pasar Mbabrik Ngoto Bantul. (foto: Puerwono Nugroho Adhi)

Namun, jika Anda menginginkan lebih banyak porsinya, Anda bisa meminta lebih. Adonan taburan gulanya untuk Cenil ini, Anda juga bisa memilih antara gula pasir atau “juruh” yang terbuat dari gula jawa atau gula merah.

Rasa Cenil memang khas, jika digigit terasa kenyal, karena ada kanji, dan manis yang akan membuat Anda mudah kenyang. Orang mengkategorikan makanan Cenil sebagai jajanan pasar.

Hal itu karena, Cenil memang menjadi kuliner tradisional yang mudah dijumpai di pasar-pasar. Cenil sekarang pun populer dijajakan di hotel berbintang sebagai sajian khas jajan pasar yang biasanya juga dicampur dengan tiwul dan klepon.

Maka, jika Anda mampir ke Bantul, jangan lupa mampirlah ke pelosok pasar-pasar di Bantul. Anda akan menemui Cenil ini. Namun, memang tidak mudah untuk memburunya, karena kadang makanan cenil ini tidak disajikan secara terang-terangan dengan toko besar seperti ala Scrumy, melainkan disajikan secara tersembunyi di sudut-sudut pasar.

Maka, jika Anda tertarik, mampirlah ke salah satu pasar, lalu bertanyalah pada beberapa pedagang disana, dimanakah dapat memeproleh cenil, biasanya jika ada, akan langsung ditunjukkan. Silahkan coba….

 

LEAVE A REPLY