Dukung Visit Wonderful Indonesia, Hasil Foto KIPC 2018 Dipamerkan!

0
529
Foto: www.liputan1.com

Luar biasa, Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) punya cara sendiri mendukung promosi Visit Wonderful Indonesia (ViWI). Program Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tersebut diimplementasikan dalam sebuah perlombaan foto, bertajuk Kemilau Indonesia Photo Contest (KIPC) 2018.

Bukan main, sebanyak 2.531 ambil bagian dan terpilih 3 terbaik untuk kategori foto tunggal dan 3 terbaik untuk kategori foto story (foto bertutur).

Para pemenang lomba dipilih oleh lima juri profesional yang sarat pengalaman di bidangnya seperti pengajar fotografi, photo traveler, dan pewarta foto nasional.

Antusiasme Peserta

Menurut Ketua Forwapar, Fatkhurrohim, penyelenggaran KIPC tahun 2018 disambut antusias oleh masyarakat, padahal ini baru merupakan event kedua yang diselenggarakan.

Foto: travelmaker.id

“Tahun lalu hanya terkumpul sebanyak 773 karya foto. Sedangkan pada lomba tahun ini meningkat tiga kali lipat atau sebanyak  2.531. Dan 60 persen peserta lomba dari daerah yang ada di Indonesia,” ujarnya, Jumat (11/5/2018) seperti dilansir dalam Sumatera Ekspres.

Fatkhurrohim yang juga Ketua Pelaksana KIPC 2018 ini menambahkan, dari hasil lomba yang resmi dibuka 31 Maret 2018 silam, terpilih sebanyak 50 karya foto pilihan yang masuk nominasi serta terpilih tiga juara untuk foto tunggal dan tiga juara untuk foto story.

Para Pemenang KIPC 2018

“Untuk juara pertama foto tunggal dimenangkan oleh Dezmond Manullang, dengan tema Wonderful Night Borobudur. Sedangkan untuk juara kedua dimenangkan oleh  I Putu Sukman Ghita dengan tema foto Omed-omedan, Bali. Dan ketiga ada Hadiyanto Nyali , dengan tema foto Enjoy Your Life Raja Ampat,” katanya.

Foto: Travel Kompas

Sedangkan untuk foto story dimenangkan Arif Hidayat dengan tema foto Wayang Sriwedari, Solo. Lalu juara dua berhasil direbut Wawan dengan tema foto Berburu Nyale, Lombok. Dan ketiga yang dimenangkan oleh Fitra Yogi dengan tema foto Menjaga Cita Rasa Rendang, Padang.

“Karya foto yang masuk nominasi dan menjadi juara lomba foto KIPC 2018 ini dapat dapat menjadi bahan promosi pemasaran pariwisata oleh Kemenpar. Serta para pemenangnya bisa menjadi endorser  untuk menceritakan keindahan Indonesia di media sosial. Untuk melihat foto langsung bisa datang ke Gebyar Wisata Budaya Nusantara yang berlangung di Jakarta Convention Center, Jakarta yang  berlangsung pada 10 hingga 13 Mei 2018 atau bisa lihat di akun instagram dengan #kemilauindonesiaphotocontest2018,” pungkasnya.

 

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana mengapresiasi semangat Forwapar untuk mendukung program ViWI. Baginya, dengan adanya KIPC, bisa memberikan masukan dan inspirasi baru terhadap upaya pengembangan pariwisata.

LEAVE A REPLY