Diskusi Kopi: Tempat Ngopi, Tempat Berbagi

0
520
Diskusi Kopi di Jalan Halimun, Jakarta Selatan.

Suatu pagi di akhir pekan, saya mengunjungi kedai kopi yang satu ini. Namanya Diskusi Kopi, terletak di Jalan Halimun No. 11 B, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Rasanya saya adalah pembeli perdana di hari itu. Kedai baru saja dibuka dan belum ada satu pun pengunjung yang datang sebelum saya. Bahkan, musik penghias ruangan belum lagi diperdengarkan. Pantas saja, waktu baru saja memasuki jam sembilan pagi.

Baiklah. Saya memesan secangkir kopi hitam. Tertulis pada menu adalah americano. Ini salah satu menu kesukaan saya. Americano layaknya kopi tubruk yang biasa saya racik di rumah, hanya saja ia tak berampas dan diproses pakai mesin.

Ruangan nyaman

Saya duduk di ruang bagian dalam. Sengaja mengambil tempat di sudut yang mempersilakan sinar matahari pagi masuk. Di ruangan ini nuansa kedai kopi dengan sentuhan intelektualitas terasa. Ada sejumlah rak dengan buku-buku langka yang memantik keinginan membaca.

Ternyata, ruang tempat saya duduk dinamai Ruang si Gus. Ada lukisan Gus Dur dengan kutipan kalimatnya yang tersohor. Juga ada lukisan penyair WS Rendra dengan kata-katanya yang memotivasi. Asyik.

Kopi Indonesia
Americano dengan kopi Indonesia.

Kopi pesanan saya tiba ketika saya masih mencoba mengamati lebih rinci ruangan ini. Tak lupa saya bertanya kepada pramusaji tentang asal kopi yang disajikannya. Ia menjawab house blend tanpa bisa menjelaskan dari mana saja biji-biji kopi yang digerus dan dijerang air panas itu berasal. Satu yang pasti menurutnya: kopi Indonesia.

Aroma wangi kopi menguar. Saya hirup dalam-dalam membayangkan biji-biji kopi berwarna merah yang dipetik petani lalu menjalani proses panjang sebelum tersaji. Slurp… kopi segar dengan keasaman rendah dan sedikit pahit. Pas.

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya singgah di sini. Beberapa waktu sebelumnya saya berkunjung ketika jam makan siang usai. Pengunjung cukup ramai saat saya memesan secangkir kopi arabika asal Kepahiang, Bengkulu yang diproses secara V60.

Jika pembaca Travel Today Indonesia ke sini, ajaklah beberapa teman untuk berbincang sambil ngopi. Sebab, kopi selalu punya cara untuk menghangatkan pertemanan. Ingat ya, namanya Diskusi Kopi dengan slogan “ruang berbagi”.

#yukitangopi #kopindonesia

LEAVE A REPLY