Dimulai Hari Ini! Sodong Culture Symphony 2018 di Pantai Sodong Cilacap

0
902
Lokasi Sodong Culture Symphony 2018 yang menawan. (Foto: www.stories.jejeblog.net)

Traveler, bila hari ini sedang berada di Cilacap, Anda dapat mengisi waktu untuk menyaksikan kemeriahan acara Sodong Culture Symphony 2018 di Pantai Sodong, Adipala Cilacap. Acara ini tak hanya menghadirkan indahnya pantai namun juga keragaman budaya khas Cilacap.

Dalam Sodong Culture Symphony, menurut Pesona Indonesia, akan ada karnaval di atas pasir Pantai Sodong denganmengambil tema “Beauty of Wijayakusuma”. Bunga Wijayakusuma adalah bunga magis pantai selatan.

Nantinya peserta akan berbusana unik memadukan busana batik dengan bahan bekas sebagai hiasannya. Sekitar 200 peserta dari berbagai daerah di Banyumasan akan mengikuti karnaval ini.

Foto: scontent-dft4-3.cdninstagram.com

Kementerian Pariwisata menyambut baik even Sodong Culture Symphony 2018 yang digelar di Pantai Sodong, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada 26-28 Januari 2018.

Menurut Biro Komunikasi Publik Kemenpar, acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap berkerjasama dengan GenPI dan APPC.

Oh, ya. Akan ada pula tarian jalungmas yang dibawakan secara kolosal. Tarian ini merupakan perpaduan budaya Jawa dan Sunda dan ditampilkan untuk mengapresiasi karya Maestro Tari Jalungmas, Tiek Entarti.

Nantinya para penari akan mengajak wisatawan untuk ikut menari.

Foto: www.archipelagos.id

Lalu, pada malam Minggu yang ditunggu, akan ada Sodong Bejazz Pesisir yang menampilkan Sruti Respati, Jess Kidding dan Nufi Wardhana. Panggung akan diterangi 1.000 obor di pinggir pantai.

Tidak ketinggalan pada acara itu digelar Pasar Cemaraan yang menyajikan aneka kuliner khas, seperti thempleng, lanthing, mendoan, dan lepet. Acara pasar ini digelar setiap hari selama event berlangsung, di bawah pohon cemara. Wah,…asyiknya.

Hiasan tananam pohon kelapa dan cemara udang, dan  ditata rapi di sepanjang pantai, memang menjadi salah satu daya pikat Pantai Sodong.  Biasa dijuluki Pantai Bedahan atau Pantai Selok oleh warga sekitar, karena berada dekat dengan Gunung Selok.

Di sekitar Gunung Selok terdapat aliran air yang berasal dari laut Sodong. Aliran air tersebut menggenang dan membentuk perairan yang dangkal, bersih, dan hangat.

LEAVE A REPLY