Di Utara Jakarta, Ada Miniatur Taj Mahal Lho!

0
634
Foto: dedezire.com

Mempunyai tinggi sekitar 30 Meter, Masjid Ramlie Musofa kerap dijuluki sebagai Taj Mahal Mini Indonesia. Dari kejauhan, bangunan ini nampak begitu memukau dengan ‘sosok’ yang mencolok. Ya, berjalan-jalanlah di Jalan Danau Sunter Raya Selatan, Jakarta Utara.

Warnanya yang putih dan keemasan seolah mengisyaratkan kesakralan dari bangunan itu. Masjid Ramlie Musofa sendiri mulai dibangun sejak 2011 hingga 2016. Nah, sejak irulah masjid ini dibuka untuk umum.

Simbol Cinta

Taj Mahal di India disimbolkan sebagai simbol cinta seorang raja kepada istrinya, demikian pun masjid Ramlie Musofa ini. Pak Haji Ramli membangun masjid ini karena cintanya pada Tuhan dan keluarga. Wah, amat menarik bukan?

Foto: metrotvnews.com

Inilah yang menyebabkan arsitektur bangunan masjid ini dibuat mirip dengan Taj Mahal di India itu. Kalau soal nama masjid, ‘Ramli Musofa’ adalah gabungan nama-nama keluarga Pak Haji Ramli.

Seperti dikutip dari Majalah Bobo edisi 10 Tahun XLVI, ‘Ram’ adalah nama Pak Haji Ramli Rasidin sebagai pemilik, sedangkan ‘Lie’ adalah nama sang istri.

Lalu, Musofa adalah gabungan dari ketiga anak Pak Haji Ramli, yaitu Muhammad, Sofyan, dan Fabian. Memang, Pak Haji Ramli selaku pemilik ini adalah keturunan Tionghoa.

Arsitektur Bangunan

Di miniatur Taj Mahal ini, Anda akan disambut oleh petugas yang senantiasa menunjukkan ruang demi ruang yang hendak Anda ketahui. Setelah mengucapkan salam, petugas itu akan memberitahu tempat wudhu laki-laki dan perempuan kepada para pengunjung.

Menariknya, di setiap ruang wudhu Anda akan temukan gambar tata cara berwudhu yang dipasang pada dinding-dindingnya.

Foto: kompasiana.com

Tak hanya itu, menuju ke ruang salat utama yang berada di lantai dua, Anda akan melewati tangga di bagian depan masjid yang amat bersih dan bersahaja.

Cobalah tengok dinding di sisi kiri dan kanan tangga, di sana terdapat potongan ayat Al Qur’an yang ditulis dalam 3 bahasa; bahasa Arab, bahasa Indonesia, dan bahasa Mandarin lho!

Nah, ngabuburitlah di masjid Ramlie Musofa ini. Selama Ramadan, seperti masjid lain, selalu disediakan hidangan berbuka puasa lho. Salat tarawih berjamaah sudah tentu diadakan di sini.

Juga saat Lebaran tiba, apabila mungkin, rasakanlah salat Ied di masjid Ramlie Musofa ini. Barangkali Anda ingin merasakan sensasi berada di miniatur Taj Mahal ini.

LEAVE A REPLY