Di Bandung, Presiden Jokowi Kuliner Kerupuk Banjur

0
37
Presiden Jokowi saat berada di Paris Van Java, Bandung. Kuliner sejenak, salah satunya mencicipi Kerupuk Banjur. (foto: Sekretariat Presiden)

Tiba di Kota Bandung, Minggu malam 3 Desember 2017 lalu, Presiden Jokowi kuliner cicipi menu Kerupuk Banjur. Ini saat Presiden beserta rombongan mengunjungi sebuah pusat perbelanjaan Paris Van Java (PVJ) yang berada di kawasan Jl. Sukajadi, Bandung.

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, kehadiran Presiden Jokowi cukup mengejutkan para pengunjung pusat perbelanjaan tersebut.

Sambil mengitari pusat perbelanjaan, Presiden menyapa para pengunjung dan juga menerima permintaan swafoto. Presiden yang berkemeja putih yang dibalut dengan jaket berwarna coklat dan celana panjang berwarna hitam itu sempat membeli sepasang sepatu.

Bpk. Jokowi Kuliner 1 - Di Bandung, Presiden Jokowi Kuliner Kerupuk Banjur
Asik mencicipi kuliner khas Bandung, Kerupuk Banjur. (foto: Sekretariat Presiden)

Di salah satu rumah makan, Presiden memilih menu Kopi Tarik, Tahu Petis, dan Kerupuk Banjur. Kerupuk Banjur, makanan khas Bandung ini memanglah termasuk makanan jadul. Maka, amatlah menarik Presiden menjadikan makanan ini sebagai tujuan kulinernya.

Kerupuk Banjur atau Kerupuk Siram ini memang termasuk ke dalam makanan jadul alias jaman dulu. Karena itu tidak mengherankan jika namanya tergolong asing di telinga anak muda jaman sekarang.

Meski jadul, Kerupuk Banjur justru telah mencuri perhatian sejumlah pecinta kuliner saat ini, seiring beberapa tempat makan ada yang menawarkan kudapan tersebut. Banyak orang yang ketagihan sehingga Kerupuk Banjur kembali populer.

Menurut Tribunews.com, Kerupuk Banjur pada dasarnya merupakan kudapan yang terdiri dari kerupuk aci. Biasanya kerupuk yang dipilih adalah kerupuk miskin atau oleh sebagian orang disebut kerupuk melarat.

Bpk. Jokowi Kuliner 3 - Di Bandung, Presiden Jokowi Kuliner Kerupuk Banjur
Kerupuk Banjur yang jadi pilihan Presiden Jokowi saat kuliner di Bandung. (foto: Sekretariat Presiden)

Kerupuk yang  terbuat dari aci atau tepung tapioka tersebut, dicampur bumbu agar rasanya gurih. Namun kerupuk tidak digoreng dengan minyak saat dimasak melainkan disangrai (digoreng dengan pasir). Alhasil aroma kerupuk pun menjadi khas.

Yang membuat khas dari Kerupuk Banjur ini, menurut info katalogwisata.com,  adalah bumbunya. Kerupuk Banjur ini disiram oleh kuah oncom yang rasanya gurih dan pedas.

Saat bulan Ramadhan, cukup banyak penjual Kerupuk Banjur ini. Kerupuk ini mudah di temukan di pasar kaget yang menyediakan hidangan takjil.  Meskipun rasanya sudah lembek karena disiram oleh air kuah oncom, namun kerupuk banjur tersebut masih banyak diminati oleh para pemburu takjil.

Maka, amatlah menarik ketika Presiden Jokowi memilih menu bersahaja, Kerupuk Banjar,  saat kuliner di sebuah pusat belanja Paris Van Java yang modern di Bandung.

LEAVE A REPLY