DAVOS, Permen Klasik yang Masih Joss

0
18
DAVOS, permen klasik asal Purbalingga inilah yang sensasi rasa semriwingnya sungguhlah masih joss. (foto: sandrapalupi)

Permen DAVOS adalah permen klasik dengan tingkat sensasi semriwing yang masih joss. Permen ini kegemaran kakek nenek zaman dulu hingga kini. Legendaris memang. Tersebar di banyak kota di Jawa Tengah, masih belum punah.

Bayangkan saja, sejak ‘tercipta’ di tahun 1931, hingga masuk ke generasi ke empat di era kini, permen DAVOS masih berjaya. Apalagi masih berani mempertahankan kemasannya yang super klasik itu. Bungkus biru tua dengan tulisan putihnya.

Juga jenis DAVOS Lux yang lebih kecil berwarna hijau, yang lebih pas untuk kalangan remaja dan anak-anak lantaran tidak terlalu kuat rasa mint-nya. Biasanya, apabila tidak hati-hati, saat menuangkan permen dari bungkusnya bisa-bisa berhamburan keluar semua.

DAVOS 3 - DAVOS, Permen Klasik yang Masih Joss
Karyawan dengan DAVOS jenis DAVOS LUX sedang memasukkan ke dalam kemasan. (foto: media.radarbanyumas.co.id)

Dalam regional.liputan6.com diuraikan bahwa konon, permen DAVOS merupakan permen mint pertama di Indonesia. Davos pertama kali dibuat tahun 1931.

Sejarah panjang ikut menyertai pasang surut permen ini. Nico, panggilan Nicodemus mengatakan, pendiri PT Slamet Langgeng adalah kakek buyutnya yang bernama Siem Kie Djian.

Pabrik permen sejak didirikan tanggal 28 Desember 1931 hingga sekarang masih ditempat yang sama, yakni di Jalan Ahmad Yani 67 Kelurahan Kandang Gampang, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

DAVOS 5 - DAVOS, Permen Klasik yang Masih Joss
Pabrik permen tertua, DAVOS ini dikunjungi Siswa SD agar paham sejarah. (foto: banyumasnews.com)

Nama PT. Slamet Langgeng di kemasannya, mempunyai makna tersendiri. Slamet diambilkan dari nama gunung terbesar di Jawa, yang juga terletak di Purbalingga, yakni Gunung Slamet. Sedangkan Langgeng adalah harapan agar perusahaan itu tetap abadi.

Kata ‘DAVOS’ sendiri, diambil dari nama sebuah kota di Swiss yang berhawa sejuk, sehingga dipilih sebagai nama permen rasa dingin (menthol). Pas dengan sensasi semriwing yang ditawarkan.

Permen DAVOS dibuat dari 98 persen gula pasir dan sisanya mentol sebagai zat pengikat. Tak ada zat pewarna, pengawet, maupun pemanis untuk produk ini. Menurut www.kaskus.co.id, daya tahan permen ini bisa 1,5 tahun hingga 2 tahun. Permen dicetak dalam bentuk koin berdiameter sekitar 2,2 cm.

Nah, sampai kini Anda masih bisa mendapati DAVOS ini di warung-warung tardisional. Sensasi sejuk dari permen klasik yang masih joss ini.

LEAVE A REPLY