Curug Cimarinjung, Wisata Alam Unik di Sukabumi

0
29
Curug Cimarinjung dengan keunikan wisata alam di Sukabumi ini. (foto: www.vanisadesfriani.com)

Curug Cimarinjung berada lumayan jauh dari pusat Kota Kabupaten Sukabumi. Jaraknya sekitar 99 Km dari pusat Kota Kabupaten Sukabumi, atau perlu menempuh perjalanan sekitar 4 jam.

Sesuai dengan namanya yaitu Curug Cimarinjung, lokasinya sendiri berada di aliran Sungai Cimarinjung yang berada pada ketinggian 100 meter diatas permukaan air laut (Mdpl). Sungai Cimarinjung ini juga merupakan salah satu sungai bermuara ke Teluk Ciletuh di Samudera Hindia.

Dibawah Curug Cimarinjung ini terdapat dua aliran air terjun lainnya yang lebih kecil tapi sulit untuk dijangkau, yaitu Curug Dogdog (bentuknya panjang seperti dogdog alat musik tabuh), dan Curug Nyelempet (aliran airnya sempit-sempit atau dalam bahasa sunda nyelempet).

cimarinjung 1 - Curug Cimarinjung, Wisata Alam Unik di Sukabumi
Pemandangan indeah Curug Cimarinjung yang mulai populer. (foto: bolehtanya.com)

Curug Cimarinjung adalah salah satu wisata andalan yang ada di kawasan Ciletuh Geopark. Curug Cimarinjung memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dekat dengan Pantai Palangpang.

Meskipun tak terlalu tinggi, tapi air terjun ini sangatlah indah dan memiliki debit air yang sangat deras jika musim penghujan. Dan danau yang terbentuk dari tumpahan air terjun ini juga sangat luas dan dalam.

Curug Cimarinjung ini, menurut ridwanderful.com, sangatlah unik karena berada ditengah lereng perbukitan batuan tertua di Pulau Jawa. Di Curug Cimarinjung ini banyak bersebaran bebatuan besar.

Selain itu air terjun ini seperti dikelilingi oleh tebing dan pepohonan yang hijau. Berada di tempat ini layaknya seperti berada di dunia Jurassic World yang penuh dengan bebatuan purba.

cimarinjung 3 - Curug Cimarinjung, Wisata Alam Unik di Sukabumi
Sudut lain Curug Cimarinjung. (foto: www.cumilebay.com)

Selain banyaknya batu yang bersebaran di sekitar danau dan air terjun. Saat hendak memasuki areal Curug Cimarinjung, Anda harus melewati dinding tebing batu yang berhimpit layaknya sebuah pintu gerbang yang akan membawa Anda masuk ke dunia baru, dunia Jurassic World.

Meskipun dahulu tidak banyak orang yang berkunjung kesini karena aksesnya lumayan susah, di era media sosial, curug yang berada di Sukabumi ini sekarang kian terkenal. Setiap hari makin banyak orang yang berkunjung untuk menikmati keindahan tempat ini, demikian menurut info liburmulu.com.

Wisata air terjun di Curug Cimarinjung Sukabumi ini, memang sangat cocok untuk penggemar kegiatan alam terutama untuk yang suka air terjun. Apakah Anda termasuk didalamnya?

 

LEAVE A REPLY