Curug Bidadari, Air Terjun Alami Tak Jauh dari Jakarta

0
31
Travel Today berpose bersama dengan latar belakang Curug Bidadari, Kabupaten Bogor. (foto: istimewa)

Salah satu destinasi wisata alam yang sedang happening di instagram saat ini adalah Curug Bidadari. Jika Anda tinggal di Jakarta, tak perlu jauh-jauh untuk menikmati air terjun yang indah ini.

Kabupaten Bogor memang menyimpan banyak potensi wisata alam. Selain pegunungannya yang hijau, juga terdapat sejumlah air terjun yang cantik seperti Curug Bidadari.

Beberapa waktu lalu, Travel Today menyambangi curug yang punya debit air cukup besar ini. Oh iya, curug adalah bahasa Sunda untuk air terjun.

Dari Jakarta dengan kendaraan roda empat, perjalanan ditempuh lebih kurang satu setengah jam. Cukup dekat bukan? Kebetulan sedang long weekend, jalanan pun lancar jaya.

Setelah memasuki Tol Jagorawi, kami keluar di pintu tol Sentul. Kemudian masuk menuju Komplek Perumahan Sentul. Sampai di ujung berbelok ke kanan. Ikuti terus saja jalan atau manfaatkan aplikasi google map atau waze. Tempat ini sangat mudah ditemukan.

Kami melewati jalanan yang terus menanjak. Seperti jalanan ke Puncak tapi lebih kecil, hanya cukup dua mobil. Pemandangan di kiri kanan jalan, tidak kalah dengan Puncak. Malah kalau anda menengok ke kanan, anda akan melihat Kota Bogor dari ketinggian. Sungguh indah.

Setelah itu kami menemukan petunjuk untuk berbelok ke kiri, dengan jalanan berbatu yang lumayan rusak. Jadi harus ekstra hati-hati karena jalanan terus menurun. Kemudian kami memasuki gerbang tempat penjualan tiket Curug Bidadari. Tiket dibanderol Rp40 ribu per orang dan parkir untuk mobil Rp10 ribu. Di sini sudah disediakan tempat parkir yang lumayan luas.

Di dekat tempat parkir banyak terdapat warung makan yang menjual makanan berat dan ringan juga cinderamata. Setelah anda turun, anda juga akan menemukan gubug-gubug yang ditata di pinggiran danau buatan yang mengelilingi Curug Bidadari.

Mari masuk ke dalam…

Gemuruh suara air terjun cukup kuat terdengar. Debit airnya yang besar membuat di dasarnya terbentuk danau yang cukup luas. Danau ini cukup dalam. Di pinggiran kedalamannya sekitar satu meter. Sedangkan di tengah dan tepat di bawah air terjun kedalamannya lebih dari dua meter. Anak-anak dilarang berenang di sini.

Curug Bidadari e1512467752593 - Curug Bidadari, Air Terjun Alami Tak Jauh dari Jakarta
Danau tempat menampung air curahan Curug Bidadari. (foto: Travel Today/Zahrudin Haris)

Oleh karena itu pengelola mengalirkan air ke danau buatan. Airnya mengalir di antara dua batu besar yang terbentuk secara alami dan menambah indah tempat ini. Walaupun sangat bagus untuk tempat berfoto, namun tidak boleh dipanjat karena licin dan berbahaya. Kedua batu besar itu menjadi pemisah antara danau asli dan danau buatan.

Danau buatan ini sangat dangkal. Dan memang dikhususkan buat keluarga dan anak-anak yang ingin berenang dan bermain air. Di sini banyak disediakan perlengkapan untuk bermain air seperti seluncuran, ban, balon-balon air yang berbentuk lucu-lucu dan bebek-bebekan yang bisa dikayuh. Senang melihat teriakan dan kegembiraan anak-anak dan keluarga yang bermain di sini.

Setelah lelah bisa menyewa saung yang banyak terdapat di pinggiran danau. Cukup bayar Rp40 ribu saja dan dipakai sepuasnya. Jangan takut kelaparan, karena pelayan restoran dan warung yang ada di sini selalu sigap untuk melayani anda. Harga makanan berkisar dari Rp10 ribu hingga Rp30 ribu saja.

Jadi, tunggu apalagi. Segera atur waktu anda untuk liburan bersama keluarga, menikmati indahnya Curug Bidadari. (ZH)

LEAVE A REPLY