Cokelat Rasa Ala Kuliner Nusantara? Seperti Apakah Itu?

0
448
Foto: margaapari.com

Traveler, bagaimana jika cokelat dibuat dengan rasa ala kuliner Nusantara? Seperti apa sih itu? Waw, ini merupakan koleksi terbaru Cokelat Cinta Indonesia dari Dapur Cokelat yang sekaligus menandai perayaan tahun ke- 17 lho.

Anda  bisa coba jika penasaran dengan uniknya rasa cokelat yang dipadukan dengan kuliner Nusantara lho.

9 Rasa Kuliner Termasuk Rendang

Bayangkan rasa coklatnya, Anda bakal dibuat penasaran karena ada 9 rasa coklat ‘tak lazim’ yang bisa Anda coba. Bayangkan saja bagaimana hebohnya lidah ketika Anda mencicipi coklat rendang, soto, nasi uduk, sambal pecel.

Foto: Bisnis.com

Lalu ada juga sambal kecombrang, sambal goreng rempeyek, kunyit asam, dan beras kencur, pencinta cokelat pasti akan mendapat kejutan saat mencobanya. Unik!

“Sembilan rasa Praline Nusantara kami pilih sebagai inspirasi karena kuliner, sambal, dan rempah merupakan identitas makanan asli khas Indonesia,” ungkap Ermey Trisniaty, pendiri Dapur Cokelat, saat konferensi pers di Jakarta, seperti dilansir Sindonews.com.

Chef Vindex Tengker, Advisor Asosiasi Culinary Professional, juga mengungkapkan bahwa Praline Nusantara tersebut sangat tidak biasa dan kreatif.

Cinta Tanah Air Bertumbuh Lewat Cokelat

Meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap masakan Indonesia, adanya kreasi cokelat rasa kuliner Nusantara akan semakin menumbuhkan cinta terhadap kuliner Tanah Air.

“Inovasi Dapur Cokelat ini sesuatu yang baru, dikombinasikan dengan rasa lain, seperti asin dan pedasnya masakan Nusantara. Ini sensasional,” ungkapnya.  Jika Anda penasaran, mulailah dengan cokelat rasa rendang.

Foto: www.margaapsari.com

Tampilan cokelat dengan merah terang di bagian atas agak mirip tampilan sepiring rendang. Rasanya cukup unik, ada sedikit hentakan pedas dan terasa parutan kelapa saat menggigitnya. Semuanya itu terjalin lezat ketika rasa pahit cokelat ikut andil di dalamnya.

Lalu, coba juga varian cokelat rasa sambal kecombrang yang memiliki tampilan cantik. Dengan bahan dasar cokelat hitam, tampilan dibentuk seperti bunga mawar dengan warna terang di bagian atas.

Rasanya pun ternyata cukup enak. Tidak ada rasa pedas menyengat, tetapi rasa yang cukup “normal” dengan bagian renyah di bagian tengah. Sementara untuk cokelat nasi uduk memiliki bentuk kerucut dan berbahan dasar cokelat putih.

Warnanya putih kekuningan dengan percik hijau di bagian atas, seperti ingin menduplikasi nasi uduk bungkus. Gigitan pertama membuat Anda tahu rasanya santan padat. Pada akhir gigitan, mulai keluar rasa pahit dari bawang goreng. Semua unsur dari komponen nasi uduk ada di dalamnya. Wah!

Wow, bagaimana dengan coklat rasa kunyit, beras kencur, dan lainnya?

LEAVE A REPLY