Cicipi Enaknya Teh Tarik Aceh di Gayo Ngopi Tamsis Jogja

0
114
Segelas teh tariknya yang begitu enak khas Aceh (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Gayo Ngopi Taman Siswa atau lebih terkenal dengan akronimnya Tamsis, merupakan kedai sederhana yang menawarkan sensasi ngopi Kopi  Gayo Aceh.

Namun kedai yang terletak di Jalan Jl. Taman Siswa No. 13, Wirogunan, Jogja ini juga menawarkan rasa teh tariknya yang begitu enak. Travel Today Indonesia mendatangi untuk cicipi teh tarik yang nikmat ini.

Teh tarik ini disajikan dengan sajian ala Aceh yang membuatnya begitu enak. Teh ditarik ke atas dan dilemparkan satu gelas ke gelas lainnya, sehingga membuat rasa rempah jahe, teh dan susu yang tercampur semakin nikmat.

Teh tariknya yang “ditarik” dan dilempar antar gelas oleh seorang keturunan “Mamak” (keturunan India-Muslim) (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Tentu karena kedai ini khas Aceh, yang menyajikannya pun mungkin saja masih keturunan “mamak,” yaitu orang keturunan India – Muslim dari Aceh yang kebetulan studi di Jogja. Dan memang hampir sebagian pramusajinya masih mempunyai hubungan dengan warga Aceh.

Kebetulan juga, letak kedai Gayo Ngopi  ini di depan Asrama Mahasiswa Aceh di Jogja. Maka, sejak tahun 2015, atas rintisan beberapa anak mahasiswa Asrama Aceh berusaha membuka usahanya untuk menyajikan kopi dan minuman khas Aceh ini.

Namun, mengingat tidak semua mampu meminum kopi, maka di kedai ini, disajikan juga teh tarik yang cukup menjadi favorit bagi para pengunjungnya. Setiap malam, sejak pukul 18.00, kedai ini senantiasa dikunjungi oleh beberapa kawula muda yang memang ingin nongkrong dan merasakan kopi dan teh tariknya.

Harganya pun tidak terlalu mahal, segelas kopi dan tehnya berkisar Rp. 13.000 hingga Rp. 17.000. Di Gayo Ngopi Tamsis ini memang disajikan kekhasan kopi gayo yang disuguhkan dengan pilihan  Kopi Gayo Spesial, Kopi Gayo Peaberry (kopi berbiji satu) dan Kopi Gayo Abyssinia.

Model penyajian kopinya pun juga ada beberapa jenis, yaitu dari tubruk biasa, filter, aeropress, v60, cemex, dan ekspresso. Menu teh tariknya juga mempunyai beberapa pilihan dari teh tarik hangat, dingin, hingga teh tarik ijo.

Suasana kedainya yang sederhana namun bersahaja untuk sejenak ngopi (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Tertarik mencicipi sensasi ngopi gayo Aceh dan teh tariknya, silahkan kunjungi Gayo Ngopi di kawasan Jalan Tamsis yang memang menjadi kawasan ramai kuliner pilihan masyarakat Jogja. Tentu, Anda bisa merasakan sensasi kopi gayo yang begitu terkenal dari Aceh itu di Kota Jogja.

LEAVE A REPLY