Cicipi Enaknya Kerupuk Basah Khas Kapuas Hulu Kalbar

0
533
Sepiring Kerupuk Basah dengan sambal kacang yang gurih.

Kerupun Basah merupakan salah satu kuliner nusantara yang unik dan menarik. Mengunjungi kota Putussibau, yang dikenal sebagai ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, tentu Anda tak akan melewatkan sensasi enaknya Kerupuk Basah yang sudah melegenda dan terkenal ini. Anda dapat mampir di salah satu kedai “Sari Rasa” yang berada di sekitar Jalan Kom. Yos Sudarso Putussibau yang menjual salah satu Kerupuk Basah terenak. Travel Today Indonesia berkesempatan mampir di salah satu kedai yang menjual Kerupuk Basah terenak di kota Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu ini.

Kerupuk Basah memang telah lama dikenal sebagai kuliner khas Kabupaten Kapuas Hulu. Rasanya yang hampir mirip dengan siomay dan empek-empek Palembang ini, tentu dapat menjadi salah satu pilihan kuliner nusantara yang mengasyikkan. Biasanya, sebelum dipotong kecil-kecil, bentuknya panjang-panjang di dalam kuali yang dihangatkan. Orang disana mengenalnya sebagai “temet.”

Bahan Ikan Belida yang Paling Populer dan Enak

Bahan baku kuliner Kerupuk Basah biasanya campuran tepung dengan ikan tawar pilihan yaitu ikan belida dan ikan toman. Biasanya yang berbahan baku ikan belida mempunyai harga yang sedikit lebih mahal, karena kualitas ikan yang lebih enak dan gurih seperti aroma ikan tengiri.

Sebelum dipotong, biasanya bentuknya panjang-panjang di dalam nampan kukusnya.

Kerupuk Basah biasanya dapat dinikmati dengan dua cara yaitu digoreng dan dikukus, sesuai dengan selera masing-masing. Setelah Kerupuk Basah dipotong kecil-kecil, lalu disajikan dengan sambal kacang berbumbu pedas dan gurih yang enak. Seperti halnya makan cireng dan cilok Bandung, lalu Kerupuk Basah ditusuk dengan sebilah bambu kecil untuk dinikmati dengan sambal kacangnya.

Bukan Street Food, Namun Kuliner Kedai Khusus

Namun, Kerupuk Basah memang bukanlah street food bagi masyarakat Kalbar, karena tidak mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan umumnya. Anda harus mendatangi kedai khusus yang ada di Putussibau yang memang asli menjual Kerupuk Basah dengan adonan ikan belida yang enak dan gurih ini.

Salah satu kedai yang menjual Kerupuk Basah terenak.

Harganya juga lumayan terjangkau. Setiap batang Kerupuk Basah dibandrol dengan harga Rp. 10.000. Biasanya, setiap batang panjangnya sekitar 25 hingga 30 centimeter. Anda pun dapat membelinya yang sudah dimasukkan dalam plastik dan dimasukkan ke dalam mesin pendingin untuk Anda bawa pulang. Tentu Kerupuk Basah ini termasuk makanan yang tidak dapat bertahan lama, maka segera saja Anda kukus atau goreng sesampainya Anda di rumah.

LEAVE A REPLY