Cek 6 Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Sulit Dijumpai!

0
561
Penjaja makanan khas Kalimantan selatan. (Foto: emasupri.blogspot.com)

Traveler, tunggu! Jika Anda masih berada di Kalimantan Selatan, sederet kuliner khas yang mulai sulit dijumpai, wajib Anda nikmati satu demi satu lho. Sudahkah?

Bersumber dari GoodNews From Indonesia, coba yuk bandingkan, 7 makanan khas Kalimantan Selatan yang sulit dijumpai ini dengan yang pernah Anda nikmati selama libur Lebaran di daerah yang beribukota Banjarmasin ini;

1. Kueh Lam

Jajanan khas dari Kota Barabai yang terletak 165km dari Kota Banjarmasin. Dengan tekstur basah, Kueh Lam ini berlapis-lapis dengan rasa yang amat manis. Membutuhkan kesabaran dalam pembuatannya, karena demi mendapat tekstur berlapis-lapis adonan ini harus dimasak satu per satu.

2. Bingka Barandam

Disebut Bingka Barandam karena dihidangkan dengan air gula yang membuat Bingkanya terendam dengan kuah. Bingka Barandam ini merupakan makanan spesial khas Kalimantan Selatan. Spesial karena biasanya hanya dapat kita temukan saat momen Ramadhan. Bisa jadi kuliner imirip seperti Bolu Berendam, kuliner khas Riau.

3. Pakasam

Pakasam adalah ikan yang diferementasi, dilumuri nasi yang sudah disangrai, lalu digoreng saat hendak menyatapnya. Ini lauk khas Barabai, Kalsel. Sangat nikmat jika disantap dengan nasi putih yang masih panas.

4. Petah dan Jaring Tahilala

Petah terbuat dari campuran tepung beras dan santan, dimasak dengan cara dikukus. Teksturnya kenyal dengan rasa gurih dari campuran santan. Biasanya dihidangkan dengan Tahilala, yaitu santan kelapa yang direbus bersama dengan garam dan merica hingga kental.

Tahilala juga dipadukan dengan Jaring atau jengkol. Buah jengkol di rebus dan kemudian dihidangkan bersama Tahilala. Biasanya penjual Petah juga akan menjual Jaring beserta Tahilalanya.

5. Haliling

Haliling adalah hewan sebangsa keong yang biasanya ditemukan disela-sela batang padi. Haliling direbus bersama santan kelapa dan ditambah berbagai bumbu.

6. Mandai

Keunikan Mandai adalah merupakan lauk yang bukan berasal dari bahan hewani, sehingga pas bagi anda yang merupakan vegetarian. Asal Mandai dari kulit buah Cempedak yang telah difermentasi dengan cara direndam dalam air garam. Biasanya rumah-rumah warga menyimpan Mandai yang sudah di fermentasi di dalam toples sehingga jika suatu saat menginginkannya bisa langsung digoreng sesuai selera. Saat ini Mandai merupakan makanan yang sulit dijumpai.

LEAVE A REPLY