Catat, 3 Tips Berada di Terminal Pulo Gebang Jakarta Bagi Pemudik!

0
450
Foto: news.netmedia.co.id

Nah, kali ini tips bagi yang mudik. Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat berada di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta. Meski tak perlu panik, karena untuk kesiapan terminal, antisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik sudah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Antisipasi ini mulai dari pengecekan kelayakan kendaraan sampai pemeriksaan kesehatan para supir bus. Bila ada lonjakan penumpang, pemudik sudah disiapkan bis bantuan.

Nah, Kepala Unit Pengelolaan Teknis (UPT) Terminal Terpadu Pulo Gebang, Ismanto di Jakarta, memberikan beberapa tips untuk Anda. Ini dia!

1. Carilah Informasi di website resmi

Sebelumnya, carilah segala informasi, terkait trayek dan tarif bus sebelum berangkat ke terminal. Para calon pemudik harus aktif mencari berbagai keterangan yang dibutuhkan secara detil. Untuk itu, pemerintah sudah siapkan website khusus.

“Kami berharap, sebelum kemari menggunakan jasa bus AKAP, mereka sudah menentukan pilihan. Kami sudah launching website www.terminalterpadupulogebang.com. Di situ ada info trayek, tarif, fasilitas, dan lainnya. Kalau informasi cukup, tidak mudah dipengaruhi orang,” ujar Ismanto saat ditemui di ruang tunggu Terminal Pulo Gebang, Jakarta, seperti dilansir Infonawacita.com.

2. Tidak pakai perhiasan berlebihan

Tidak memakai perhiasan secara berlebihan menjadi bagian yang diimbau Ismanto bagi para calon pemudik. Tentu saja itu semua bagi keselamatan para calon pemudik sendiri, agar tidak menarik perhatian orang yang mau berbuat kejahatan.

“Ini kan area publik, ada ribuan penumpang setiap harinya. Artinya seberapa banyak pun petugas disiapkan tapi penumpang tidak ada inisiatif juga ya susah,” katanya.

3. Cari Bantuan di tiga Posko yang disediakan

Noviesa F. Pinem, Kepala Satuan Pelaksana Operasional dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulo Gebang, menjelaskan ada tiga posko telah disediakan pihaknya. Nah, untuk itu penumpang bisa menyampaikan segala uneg-uneg-nya ke petugas posko.

“Kalau terjadi sesuatu apapun, kita ada posko aduan pelayanan. Kita tidak bisa awasi person to person. Kalau ada aduan, nanti kita tindaklanjuti,” ujar Pinem.

Nah, para penumpang di terminal dapat mencari bala bantuan atau melapor kepada petugas di posko aduan layanan. Anda bisa juga menghubungi nomor aduan layanan yang ditempel di sekitar terminal. Tentu apabila ada hal yang tidak jelas, komplain, atau aduan lainnya.

LEAVE A REPLY