Candi Tridharma, Mirip Borobudur dan Satu-Satunya di Cianjur!

0
489
Foto: travelingyuk.com

Candi Tridharma yang mirip dengan Borobudur di Cianjur ini, berbeda dengan kebanyakan candi yang ada di Indonesia lho.

Tidak seperti kebanyakan candi di Indonesia, yang dibangun pada awal masehi dan berlangsung pada abad kerajaan Hindu-Budha, Candi Tridharma dibangun di zaman milenium sekitar tahun 2000-an dan tanpa adanya pengaruh dari sebuah kerajaan.

Berbagai spot foto menarik yang diunggah wisatawan di internet membuat candi ini kembali dikenang dan dikenal.

Semula Vihara Bumi Tridharma

Foto: ridwanderful.files.wordpress.com

Pada awalnya bangunan ini dimaksudkan untuk tempat ibadah umat Budha atau Vihara yang berbentuk candi. Bangunan ini pun tadinya akan dinamai sebagai Vihara Bumi Tridharma. Namun bangunan ini belum selesai 100 persen.

Menurut ridwanderful.com, alasan dihentikannya pembangunan candi yang baru rampung sekitar 70 persen ini adalah karena tidak adanya izin resmi dari pemerintah daerah.

Penolakan dari warga sekitar juga menjadi sebab lainnya. Mereka menolak dibangunnya candi di kawasan tersebut. Hal ini pula yang menyebabkan candi ini menjadi terbengkalai dan dibiarkan berlumut.

Mampu Menyedot Wisatawan

Namun, meskipun Candi Tridharma ini belum selesai 100% dikerjakan dan dibiarkan terbengkalai, keberadaan dari Candi Tridharma ini mampu menyedot wisatawan Cianjur dan dari luar Cianjur untuk datang mengunjungi tempat ini.

Foto: snap361.com

Keberadaan dari Candi Tridharma ini makin unik sebab menjadi satu-satunya bangunan candi yang ada di Cianjur. Dan kini Vihara Bumi Tridharma ini menjelma menjadi tempat wisata candi di Cianjur.

Bangunan Candi Tridharma ini jelas memiliki keunikan jika dibandingkan dengan bangunan candi yang ada di Indonesia, yang dibangun dari tumpukan batu dengan ukuran yang besar dan memiliki ruangan kecil di dalamnya, tanpa adanya materi modern seperti kayu, payu dan semen.

Nah, Candi Tridharma ini dibangun dengan peralatan dan bahan modern, dan batu yang digunakan pun berukuran kecil. Pada bagian dalam candi ini juga terlihat seperti bangunan rumah yang memiliki ruangan besar yang menyerupai sebuah vihara.

Belum ada fasilitas umum yang memadai layaknya tempat wisata. Namun, tempat ini tetap asyik untuk disambangi bersama kawan Traveler.

LEAVE A REPLY