Buruan Pesan Akomodasi! Lebaran, Wisata Berau Bakal Melonjak Lho!

0
71
Pulau Derawan Kalimantan Timur, jauh dari kehidupan perkotaan. (foto: rubik.okezone.com)

Ya, Lebaran ini diprediksi bahwa obyek wisata Berau bakal melonjak. Maka Wisatawan diimbau untuk secepatnya pesan akomodasi agar tak kecewa.

Sebab, di tahun sebelumnya, wisatawan yang hendak memesan seluruh resort dan penginapan sampai kehabisan! Nah, diperkirakan Lebaran tahun ini akan terjadi hal yang sama.

Beberapa tempat favorit bagi wisatawan adalah Pulau Derawan dan Pulau Maratua, saat libur panjang. Pulau-pulau di Berau ini memang terkenal seantero dunia.

Prediksi Lonjakan Wisatawan di Berau

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau Mappasikra Mappaseleng, dalam Tribun Kaltim memperkirakan, kunjungan wisatawan saat libur Lebaran nanti bakal melonjak.

Di Kepulauan Derawan sendiri, berdasarkan laporan pemilik resort dan penginapan, semuanya telah habis dipesan.

“Bisa jadi dua minggu sebelum Lebaran, semua penginapan dan resort sudah penuh,” kata Mappasikra, Selasa (12/6).

Panorama keindahan Pulau Derawan di waktu pagi. (foto: sayabackpacker.files.wordpress.com)

Mappasikra mengatakan, meski demikian, ada beberapa alternatif tempat menginap jika resort dan penginapan di Pulau Derawan dan Maratua, bila sudah habis dipesan.

Diingatkan Mappasikra, agar wisatawan memastikan terlebih dahulu ketersediaan menginap sebelum menuju ke tempat-tempat wisata di Berau.

“Tahun lalu banyak sekali wisatawan yang tidak mendapat tempat menginap. Bahkan ada yang memilih pulang karena bingung mau menginap di mana. Jadi sebaiknya pastikan dulu tempat menginapnya,” tambah mantan Kabag Humas Pemkab Berau ini.

Penginapan Alternatif

Masih ada Kampung Tanjung Batu di Kecamata Pulau Derawan yang cukup nyaman sebagai tempat alternatif. Wisatawan disarankan untuk menginap di sana.

“Karena biasanya, seluruh penginapan maupun homestay di Kecamatan Bidukbiduk, Kepulauan Derawan dan Maratua, sudah full booking sampai satu minggu setelah Lebaran,” jelasnya.

Warga yang bermukim di tempat-tempat wisata biasanya memanfaatkan rumahnya untuk penginapan kepada para wisatawan.

Wisatawan bisa merasakan langsung keramahan serta kehidupan warga sekitar, belajar budaya khas dari mereka, selain harga yang lebih terjangkau tentunya.

Nah, Traveler. Perencanaan yang matang tentu akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Apalagi, kebersamaan yang lengkap bersama sanak saudara di tempat wisata alam yang luar biasa yang populer ini akan memberi pengalaman luar biasa.

LEAVE A REPLY