‘Bulukumba Bekerja Pariwisata Bangkit Masyarakat Sejahtera’, Jadi Tema Hari Kelahiran

0
455
Kabupaten Bulukumba dengan destinasi wisata yang indah. (Foto: bulukumbatours.com)

Tanggal 4 Februari 2018 adalah hari istimewa bagi Kabupaten Bulukumba, tanggal tersebut adalah momentum hari kelahiran Kabupaten Bulukumba pada tahun 1960 atau 58 tahun yang silam.

Pada momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke 58 ini, Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengambil tema Bulukumba Bekerja Pariwisata Bangkit Masyarakat Sejahtera.

Latar belakang diambilnya tema tersebut karena pertama, Pinisi telah resmi menjadi Warisan Budaya Dunia Tak benda dari UNESCO yang menandakan bahwa Bulukumba yang menjadi pusat dan penjaga tradisi pembuatan perahu Pinisi tiada henti bekerja untuk menghasilkan maha karya kelas dunia.

Kedua event Festival Pinisi yang tiap tahun dilaksanakan, kini menjadi bagian dari 100 Wonderful Events Indonesia 2018 yang dirilis Kementerian Pariwisata secara resmi akhir tahun 2017 yang lalu.

Foto: Kemenpar/Facebook

Masuknya Festival Pinisi dalam 100 Wonderfull Events tersebut, dalam Kemenpar, menjadi tonggak sejarah tersendiri dalam bangkitnya pariwisata Bulukumba yang memiliki potensi wisata yang beragam dan eksotis.

Untuk menyambut pelaksanaan event Festival Pinisi, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pariwisata melakukan Soft Launching Event Pariwisata Bulukumba pada momentum Hari Jadi Bulukumba ke 58 pada 4 Februari 2018.

Selain Festival Pinisi yang digelar 13-16 September 2018, beberapa event pariwisata yang akan dihadirkan di Kabupaten Bulukumba, diantaranya Off Road Jelajah Hutan Karet (16-17 Februari), Bira Beach Run (30 April-1 Juni), Senandung Kopi Kahayya (8 September), Adventure Trail Kahayya (9 September), dan Pesta Rakyat (29-31 Desember).

Traveler, seperti dilansir inikata.com, puncak acara peringatan Hari Jadi akan dilaksanakan pada hari Senin 5 Februari 2018, yang akan dihadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Momentum ini akan dimanfaatkan untuk pamit kepada masyarakat Bulukumba yang akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Sulawesi Selatan selama dua periode.

LEAVE A REPLY