Brongkos Ndeso ala Mbak Narni Tempel

1
54
Sayur brongkos "ndeso" Warung Mbak Narni dengan taburan daging sapi dan bawang gorengnya (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Warung Mbak Narni merupakan salah satu warung yang menyediakan sajian sayur brongkos yang enak.  Sayur brongkos dengan taburan daging sapi dan bawang gorengnya, memang sudah legendaris bagi masyarakat Jawa. Orang pun tentu kenal dengan sayur brongkos yang menjadi andalan bagi kuliner di sekitar Tempel, Sleman, Yogyakarta.

brongkos 2 - Brongkos Ndeso ala Mbak Narni Tempel
Warung Mbak Narni yang berada di sekitar kawasan sub terminal Tempel, Sleman Yogyakarta, sehingga banyak supir truk yang mampir (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Warung Mbak Narni tepat berada di sekitar kawasan sub terminal Tempel, Sleman Yogyakarta. Warungnya cukup  sederhana dengan ciri warna hijau sebagai penanda sajian warung brongkos. Walaupun berbeda dengan warung-warung brongkos lainnya, seperti yang sudah terkenal yaitu warung Bu Padmo, namun rasanya tak kalah enak.

Sajian sayur brongkos di Warung Mbak Narni, memang terbilang lebih murah dari Bu Padmo, per porsinya sekitar Rp. 17.000. Berbeda memang dengan warung terkenal lainnya yang hingga mencapai Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000. Maka, seringkali Warung Mbak Narni menjadi pilihan bagi para supir truk yang mangkal di sub terminal Tempel ini untuk sekedar istirahat dan sarapan.

Di Warung Mbak Narni memang tidak hanya menyajikan menu sayur brongkos saja, tetapi juga ada sajian lain, seperti soto, ramesan, mangut, rica-rica dan lain sebagainya. Namun, tetap saja, sajian sayur brongkos merupakan kekhasan dan idola bagi siapapun yang mampir di warung ini, terutama para pengunjung luar kota. Letaknya yang strategis di pinggir jalan Yogya Magelang, apalagi di sub terminal dengan area parkir yang memadai, membuat Warung Mbak Narni sering jadi ampiran.

brongkos 1 - Brongkos Ndeso ala Mbak Narni Tempel
Di Warung Mbak Narni memang tidak hanya menyajikan menu sayur brongkos saja, tetapi juga ada sajian lain (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Jika Anda lihat lebih seksama, sajian brongkos Warung Mbak Narni lebih merupakan sajian brongkos “ndeso,” dimana irisan daging sapi ditaburkan begitu rupa, dengan tahu kecil-kecil dan kacang tolo serta cabai. Konon, kuliner brongkos ini, berasal kata brownhorst yang merupakan campuran Bahasa Inggris dan Perancis, yang artinya masakan daging berwarna coklat, yang lalu diplesetkan menjadi kata Jawa brongkos. Anehnya, sayur brongkos lebih terkenal di daerah Yogyakarta, padahal masakan ini konon berasal dari Demak.

1 COMMENT

  1. […] Jogja, memang dikenal selain gudegnya, juga sebagai referensi sayur brongkos enak. Ada berbagai sudut kota Jogja yang dapat Anda kunjungi karena menyajikan Brongkos yang enak. Selain Warung Handayani (lih.http://traveltodayindonesia.com/nasi-rames-handayani-legenda-ramesan-yogya/) di daerah alun-alun selatan, Anda juga dapat mengunjungi di sepanjang Tempel Sleman yang terkenal sejak dahulu (lih. http://traveltodayindonesia.com/brongkos-ndeso-ala-mbak-narni-tempel/) […]

LEAVE A REPLY