Bondan Winarno, Brongkos dan Angkringan Lik Man

0
45
Bondan Winarno, pelopor kuliner jurnalisme (Foto: Obsession News)

Beberapa hari ini, ramai diberitakan meninggalnya seorang pelopor kuliner jurnalisme yang memberikan berbagai wawasan tentang gaya hidup dan referensi kuliner enak nusantara, yaitu mendiang Bondan Winarno. Melalui kekhasannya dengan “maknyus” itu, seakan meninggalkan untaian panjang beberapa referensi sebuah kajian food wrinting layaknya Anthony Bourdain yang terkenal itu.

Anda pasti ingat, bahwa mendiang Bondan Winarno pernah memilih dua selera nusantara dari Jogja yang patut Anda referensi, yaitu Sayur Brongkos dan Angkringan Lik Man atau Pak Man. Mengapa dua kuliner itu menjadi pilihan mendiang Bondan Winarno?

Tentu, pilihan itu memang  tepat, karena sayur Brongkos Jogja dan angkringan Lik Man atau Pak Man memberikan khasanah ikonik tentang selera nusantara. Traveltoday, mengulasnya untuk Anda, mengapa sayur brongkos dan Angkringan Lik Man atau Pak Man ini direferensi mendiang Bondan Winarno, apa kekhasan dan keunikannya.

  1. Brongkos
brongkos 4 - Bondan Winarno, Brongkos dan Angkringan Lik Man
Sayur brongkos dengan taburan daging sapi dan bawang gorengnya (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Sayur brongkos memang  konon bukan berasal dari Jogja. Brongkos dikenal sebagai makanan dari daerah pesisiran Demak yang konon diperkirakan dipengaruhi oleh kari India dan masakan Gujarat. Brongkos memang menggabungkan masakan ala India dan Gujarat itu dengan rasa nusantara yang membuatnya memang ngangeni.

Jogja, memang dikenal selain gudegnya, juga sebagai referensi sayur brongkos enak. Ada berbagai sudut kota Jogja yang dapat Anda kunjungi karena menyajikan Brongkos yang enak. Selain Warung Handayani (lih.http://traveltodayindonesia.com/nasi-rames-handayani-legenda-ramesan-yogya/) di daerah alun-alun selatan, Anda juga dapat mengunjungi di sepanjang Tempel Sleman yang terkenal sejak dahulu (lih. http://traveltodayindonesia.com/brongkos-ndeso-ala-mbak-narni-tempel/)

2. Angkringan Lik Man atau Pak Man

IMG 20171121 171652 - Bondan Winarno, Brongkos dan Angkringan Lik Man
ceret khas di angkringan tradisional Jogja (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Angkringan Lik Man atau Pak Man memang sudah menjadi salah satu angkringan legendaris Jogja. Bahkan, angkringan ini memang sudah turun temurun menjadi dinasti para penyaji kuliner angkringan yang berasal dari Cawas Klaten. Konon perintisnya adalah Mbah Pairo yang telah merintisnya berjualan di dekat Stasiun Tugu ini.

Angkringan Lik Man atau Pak Man ini juga ikonik dikenal sebagai angkringan kopi jos, dimana kopi di seduh juga dengan arang yang menyala agar kopi terasa lebih nikmat. Angkringan Lik Man atau Pak Man ini memang dikenal begitu legendaris karena memberikan suasana angkringan ala Jogja (lih. http://traveltodayindonesia.com/7-hal-yang-melegenda-di-angkringan-tradisional-jogja/) yang memang enak untuk nogkrong dan bercengkerama, apalagi letaknya yang strategis di jantung Kota Jogja.

LEAVE A REPLY