Bola Ubi Kopong Bandung, Jajanan Enak Murah Meriah Berselera

0
656
Bola Ubi Gardujati yang berada di kawasan kuliner Jalan Cibadak (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Bola ubi kopong merupakan salah satu jajanan ringan khas Kota Bandung. Hampir di beberapa sudut tempat, selalu dapat Anda temui para penjual bola ubi kopong ini. Salah satu yang termasuk terkenal adalah lapak Bola Ubi Gardujati yang berada di kawasan kuliner Jalan Cibadak. Travel Today Indonesia, mencoba untuk menyambangi lapaknya yang berada di seputar Kawasan Cibadak.

Bola ubi kopong Bandung dari bentuknya mirip tahu bulat, namun dari warna sudah terlihat jelas perbedaannya, yaitu lebih berwarna coklat kekuningan. Bola ubi kopong ini terbuat dari campuran ubi yang dikukus, dengan adonan tepung tapioka dan gula bubuk. Biasanya, para penjualnya mencampur dengan mengaduk hingga tercampur rata, lalu dipipihkan dan digoreng hingga mengembang.

Bola Ubi yang enak sebagai sajian jajanan jalanan di Bandung (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Murah Meriah Bersahaja

Awalnya bola ubi kopong disajikan dengan rasa polos tanpa ada campuran apapun. Namun, dengan perkembangan berbagai penyajian makanan, bola ubi kopong ada yang disajikan dengan aneka isian seperti cokelat, keju dan gula merah. Bola ubi kopong menjadi sajian kuliner murah meriah yang dapat dikatakan berselera.

Rasanya yang khas kuliner tradisional, namun disajikan dengan bersahaja ini, membuatnya menjadi salah satu jajanan favorit kaki lima. Harganya yang juga tak terlalu mahal, membuatnya menjadi sajian para kawula muda yang nongkrong sambil jalan-jalan menikmati malam di Kota Bandung.

Berselera dan Mengenyangkan

Namun, karena bahan bakunya terbuat dari ubi, seringkali bola ubi kopong membuat Anda kenyang, walaupun jajanan yang satu ini termasuk jajanan ringan, namun rasa manisnya tentu akan membuat Anda kenyang. Rasa kenyangnya pun mirip ketika Anda menyantap roti atau donat yang terbuat dari tepung terigu.

Sajian bolu ibi kopong yang ringan namun mengenyangkan (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Banyak kalangan lebih menikmati santapan bola ubi kopong Bandung ini ketika masih hangat, karena jika sudah dingin, sensasi krispinya mulai berkurang. Sayangnya, bola ubi kopong Bandung ini belum banyak ditemukan di berbagai kota lainnya. Entah mengapa, ketenarannya tidak seperti Seblak dan Cimol.

LEAVE A REPLY