Berwisata Anggrek ke Orchid Forest Cikole di Lembang, Mau?

0
2028
Foto: @dimasarf33/Instagram

Traveler, siapa yang akan berpikir dua kali untuk jalan-jalan santai ke Orchid Forest Cikole di Lembang, tempat wisata Anggrek ini. Anda bisa menikmati keindahan aneka Anggrek, bunga yang sangat unik dan rumit pemeliharaannya itu.

Terdapat ratusan anggrek yang bisa wisatawan lihat di Orchid Forest di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ini. Area  ini masih termasuk wilayah Perhutani seluas 14 hektar lho.

Wisatawan bisa melihat 50 jenis anggrek yang dipajang pada puluhan pinus yang berderet indah dan rapi. Sungguh, atmosfir yang sangat menyehatkan, mata dan spiritual.

Wisata Mengandung Edukasi

Bagi yang tertarik dengan anggrek, obyek wisata ini memang menawarkan konsep edukasi mulai dari mengenal ragam anggrek, belajar cara menanamnya, merawatnya, hingga mengembangbiakkannya.

Foto: www.liburananak.com

Ke tempat ini, seperti dilansir KompasTravel, Traveler akan diajak berkeliling jogging trek menelusuri hutan-hutan pinus berparasit anggrek. Tanaman anggrek di sini 80 persennya berasal dari Nusantara lho.

Selain menikmati anggrek wisatawan juga bisa belajar serba serbi anggrek, demikian yang dialami sekelompok jurnalis pariwisata yang sedang berkunjung.

“Kami punya pusat rumah anggrek, di dalamnya ada anggrek langka, seperti tempat pameran anggrek kita,” tutur Bagus Maulana, Marketing Executive Orchid Forest.

Rumah kaca seluas 200 meter persegi tersebut berisikan hampir seluruh koleksi terbaik anggrek yang dimiliki obyek wisata tersebut.

Wisatawan diajak menelusuri jejak-jejak anggrek yang unik. Rumah kaca terdiri dari kawasan pusat kegiatan anggrek, pembibitan hingga pameran. Berbagai tanaman di dalamnya sangat tertata.

Foto: orchidforestcikole

“Di sini mulai dari anggrek papua, anggrek sumatera, anggrek kalimantan, mayoritas dari Indonesia. Tetapi banyak dari luar negeri juga, kaya US ada (anggrek) Black Magic atau Fredclarkeara After Dark, dan Catelia dari Jerman,” jelas Senia Mulyana, selaku staff ahli angrek di Orchid Forest.

Senia menunjukan satu anggrek unik salah satu kebanggaan obyek wisata ini, yaitu anggrek Dracula Mix Simia, atau yang biasa disebut Anggrek Monyet.

Berbagai Spot Menarik

Di sepanjang jalan menikmati alam, Traveler akan temui beberapa titik menarik seperti jembatan kayu, spot-spot foto, kedai kopi, hingga rumah kelinci-kelinci.

Nah, bagi anak-anak, tersedia juga berbagai mainan rekreasi keluarga seperti komidi putar, ayunan, jungkat jungkit dan lainnya.

Di obyek wisata ini juga terdapat lokasi outbond juga lho. Ada fasilitas flying fox juga jembatan kayu sepanjang 175 meter dengan ketinggian 10 meter.

Selain itu, tersedia juga spot-spot belajar anggrek salah satunya di Bazar Anggrek. Anda bisa memesan paket wisata edukasi tersebut sesuai kebutuhan.

Penyelenggara memang hendak membuka kelas ‘piknik anggrek’, mulai dari cara pengenalan anggrek, ¬†jenis-jenisnya dan kekayaan anggrek Indonesia, cara budidaya, perawatan, sampai belajar media tanam anggrek.

Nah, kapan giliran Traveler kemari?

LEAVE A REPLY