Berarung Jeram di Sungai Elo Magelang, Bertarung Tanpa Jera Dengan Rasa Senang

0
213
Keseruan wisata arung jeram bersama kawan sejawat di sungai Elo Magelang. (foto: www.mendutrafting.com)

Tak pernah terbayang bakal mencoba wisata olah raga yang ekstrim ini, berarung jeram di sungai Elo, Desa Pare, Blondo Mungkid, Magelang. Apalagi sebagai pemula yang tak bisa berenang pula, pikiran berkecamuk meski ingin merasakan keseruan wisata ini bersama kawan sejawat. Tapi ternyata tak perlu bisa berenang untuk menikmati wisata ekstrim ini. Pihak pengelola telah menyiapkan perlengkapan berstandar internasional yang wajib dipakai saat pengarungan.

Anda akan diberi instruksi singkat terlebih dahulu setelah berbagai perlengkapan arung jeram Anda dibagikan. Mulai dari helm, jaket pelampung, dan dayung tentu saja. Iya, Anda juga harus berusaha mendayung perahu sendiri, meski ada guide yang akan ikut menjaga di perahu karet kita. Di tengah perjalanan, dayung itu justru dipakai untuk bermain-main, misalnya menghalangi laju kelompok lain agar tak keduluan, atau bahkan membuat keisengan dengan menjatuhkan kawan ke sungai. Tenang, semua itu atas seijin guide sebagai pengawas. Maka, untuk yang berkacamata, siapkan tali dan ikat yang kuat sebagai kalung, agar tidak jatuh ke dalam sungai. Beberapa lebih suka bertelanjang kali, tapi ada juga yang memilih memakai sepatu.

Beberapa instruksi sebelum mengarungi sungai Elo Magelang. (foto: jogja.tripnesia.co.id)

Semua pengalaman itu memang menghilangkan segala rasa takut dan ragu, kesenangan dan kepuasan bermain-main di sungai menjadi pengalaman yang amat berharga dan tentu saja berkesan. Nah, Anda perlu mencoba ikut pengalaman arung jeram atau rafting di Sungai Elo bersama keluarga atau bahkan rekan kerja, yang juga akan membangun kekompakan Anda bersama kelompok yang berada dalam satu perahu karet.

Jarak tempuh sungai ini sekitar 12 km, dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam sampai 3 jam. Tingkat keekstriman arung jeram ini pun berbeda-beda. Kata pemandu sih, tak perlu kuatir. Ada grade I sampai III, dan untuk keluarga, jeram dengan grade rendah amat pas untuk menikmati wisata keluarga. Oh ya, di tengah perjalanan Anda akan diajak beristirahat sejenak di sebuat tempat dengan banyak pondok. Anda akan dijamu dengan satu buah kelapa muda, dan makanan-makanan kecil berupa camilan yang cukup mengenyangkan. Betapa nikmatnya memang.

Beristirahat di tengah jalan sebelum mengarungi sungai Elo Magelang lagi. (foto: ngetripasik.files.wordpress.com)

Ehm, meskipun demikian, tetap saja penting untuk browsing terlebih dahulu lokasi yang menjadi destinasi, apalagi berhubungan dengan sesuatu yang ekstrim. Dalam arungjerammagelang.co.id, terdapat keterangan bahwa sungai Elo adalah salah satu sungai yang sangat ideal untuk berwisata arung jeram di kawasan Magelang, karena karakter aliran dan banjir yang relatif stabil dan relatif aman untuk diarungi baik di musim kemarau atau musim hujan.  Sungai Elo berhulu ke Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran, sehingga tidak dipengaruhi oleh aliran material vulkanik dari Gunung Merapi. Paket wisata arung jeram sungai Elo ini tersedia di semua musim, baik musim panas atau hujan.

Nah, masih ragukah Anda dengan wisata olah raga ekstrim, berarung jeram tiada jera di sungai Elo Magelang ini?

LEAVE A REPLY