Berada di Kudus? Sambangi Keseruan 7 Objek Wisata Ini!

0
1840

Berada di Kudus, harus paham bahwa Kota Kretek ini memiliki sejumlah objek wisata yang keren dan hits lho. Bahkan meski tak terlalu luas, kota ini mampu menarik magnet bagi para Traveler.

Tak hanya selebritas, wisatawan mancanegara pun banyak dibuat penasaran dengan keindahan kota ini, termasuk tema-tempat yang tak banyak orang tahu.

Nah, Travel Today menghimpun  sejumlah objek wisata Kudus, yang  memiliki keseruannya tersendiri. Apa saja sih? Yuk!

1. Gray Canyon

Foto: www.vemmedaily.com

Semarang punya Brown Canyon, Kudus punya Gray Canyon. Ini adalah tempat galian C yang memang sedang hits lho. Ada di Desa Tanjug Rejo, Jekulo, Kudus. Momen keren bisa terabadikan dengan ‘sempurna’ lewat kreativitas bidikan Traveler yang mengunggah hasilnya di medsos.

2. Masjid Menara

Foto: www.pegipegi.com

Menara ini dibangun oleh Syeh Ja’far Shodiq pada 1685 M. Ya, ini merupakan peninggalan salah satu dari Wali Songo yakni Sunan Kudus. Saat ini menjadi salah satu tujuan wisata religi di Jawa Tengah. Letaknya sekitar 1,5 kilometer ke arah barat dari pusat Kota Kudus (alun-alun Simpang Tujuh), tepatnya di Kelurahan Kauman, Kecamatan Kota Kudus. Berdasarkan penelitian ilmiah, Menara Kudus merupakan bangunan kuno hasil akulturasi antara budaya Jawa, Hindu, dan Islam.

3. Wisata Alam Rejenu

Banyak orang menziarahi sebuah makam di sini, ya, makam Syeh Sadzali. Murid Sunan Muria yang disegani itu, yang berasal dari Baghdad. Wisata Alam Rejenu sendiri terletak di sebelah utara makam Sunan Muria, di atas objek air terjun Montel. Berlokasi di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

4. Museum Kretek Kudus

Foto: awsimages.detik.net.id

Kira-kira 3 kilometer ke arah selatan pusat kota, museum ini akan Anda temukan. Lokasi tepatnya berada di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati. Museum ini dibangun sebagai simbol Kota Kudus yang populer sebagai kota kretek. Berbagai sejarah terasa kental di sini. Ada peralatan dan mesin-mesin tradisional pembuat rokok kretek serta rokok klobot di dalamnya. Rokok-rokok yang melegenda juga dipamerkan di sini.

5. Rumah Adat Kudus

Foto: isknews.com

Kudus terkenal dengan rumah adatnya yang disebut dengan Joglo Pencu. Joglo ini menggambarkan sifat masyarakat yang agamis dari nenek moyang mereka. Bentuk ukiran rumah adat kudus kombinasi, terdiri atas macam-macam gaya. Baik gaya Persia, Eropa, maupun Cina. Arsitekturnya terpengaruh budaya Hindu dan Islam.

6. Air Terjun Pengantin

Foto: mytrip123.com

Desa hargamulyo, Kec Ngrambe begitu beruntung memiliki tempat secantik air terjun yang banyak disebut orang dengan sebutan nama curug kembar. Dinamakan air terjun pengantin karena mempunyai dua aliran air yang sama.

7. Monumen Pisang di Taman Sardi

Foto: wisataa.com

Menara ini amat menarik untuk dikunjungi. Destinasi yang sedang hits di media sosial ini memiliki pesona keindahan yang luar biasa.  Berbagai gazebo bisa memuaskan kebutuhan Anda untuk rehat dari rutinitas di keseharian. Instagramable sungguh!

LEAVE A REPLY