Bengkulu Luncurkan Agenda Wisata di 2018

0
39
Kemeriahan lounching Calendar of Event Bengkulu 2018 bersama Menpar Arief Yahya. (foto: Kemenpar/Facebook)

Bengkulu luncurkan beragam agenda wisata yang seru dan menarik di tahun 2018 nanti. Hal ini tersiar dalam acara Launching Calender of Event Bengkulu 2018, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Tahun depan, Bengkulu sudah punya 14 agenda wisata seru dan menarik. Tak hanya dikenal sebagai Bumi Raflesia, Bengkulu juga memiliki sejumlah atraksi budaya menjanjikan. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya turut menghadiri acara launching tersebut.

“Yang pertama untuk kalender event saya sudah hitung jumlahnya. Ada 14 event, Top 3 event di Bengkulu satu Festival Tabut, dua Festival Pesisir Pantai Panjang dan Festival Bumi Rafflesia,” ujar Arief dalam pidato pembukaannya.

Dari tiga festival utama tersebut, Arief pun mengambil Festival Tabut untuk dimasukkan dalam Top 100 event wisata skala nasional. Namun Arief juga sempat memberi masukan terkait jumlah event wisata Bengkulu tahun depan yang dirasanya masih kurang banyak.

Meski demikian, menurut Menpar Arief, 14 agenda wisata sepanjang tahun 2018 di Bengkulu ini, jumlahnya masih kurang banyak.

“Mumpung banyak orang saya bilang, 14 kurang banyak. Solo ada 58 event, Banyuwangi punya festival terbaik 72 event,” ujar Arief seperti dilansir travel.detik.com.

Turut hadir dalam acara, Wakil Gubernur sekaligus Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Ditambahkan oleh Rohidin, bahwa sejumlah event wisata telah berlangsung sejak lama dan akan kembali dilaksanakan tahun 2018 mendatang.

“Berbagai usaha promosi terus kita lakukan untuk mengenalkan Provinsi Bengkulu baik di tingkat nasional maupun mancanegara,” kata Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Bengkulu, lanjut dia, ditetapkan sebagai daerah tujuan wisata unggulan. Sebagai program prioritas dalam Visit 2020 Wonderful Bengkulu, Pemprov Bengkulu pun terus berbenah diri menggiatkan sektor pariwisata.

Adapun menurut www.harnas.co, 14 event dalam CoE Pariwisata Bengkulu 2018, yaitu:
Bencoolen Tabut Festival (11-21 September);
Festival Bumi Rafflesia (Juli);
Festival Pesisir Pantai Panjang Bengkulu (November),
Mountain Valley (3-9 September 2018),
Arung Jeram Sungai Manna ( Agustus),
Rally Rakit Tradisional (Juli 2018),
Pesona Budaya Bumi Ratu Samban ( Maret 2018),
Enggano Fiesta ( Juni 2018),
Festival Bukit Barisan  (September 2018),
Rejang Lebong Trial Adventure ( Maret 2018),
Festival Band se- Sumatera ( Juni 2018),
Festival Truly Rafflesia (Juli),
Bukit Kandis Cross Country Festival (Oktober), dan
Karnaval Batik Besurek.

LEAVE A REPLY