Bali Safari and Marine Park, Kebun Binatang Berkonsep Taman Wisata

0
427
Pertunjukan teater oleh gajah-gajah nan hebat di Bali Safari and Marine Park. (foto: Thousand Wonders)

Bali Safari and Marine Park merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia 3. Dua tempat lain, yaitu; Taman Safari Indonesia 1 di Cisarua, Bogor dan Taman Safari 2 di Prigen, Jawa Timur. Semua kebun binatang ini memang berkonsep taman wisata.

Menurut Wikipedia, Taman Safari Indonesia 3 ini menyediakan sebuah medium unik, yakni kombinasi dari kehidupan satwa liar di habitat aslinya dengan ekosistem bersinggungan dengan kebudayaan masyarakat Bali. Bali Safari and Marine Park ini menjadi tempat penangkaran hewan endemik atau rawan punah di Indonesia dan beberapa negara tetangga.

Gerbang depan Bali Safari and Marine Park. (foto: wikimedia.org)

Konsep dasar Bali Safari and Marine Park ini  adalah mengajak pengunjung menikmati pengalaman bersafari yang diawali dari daerah Bali modern, masuk ke kehidupan Bali Kuno, dengan berbagai ajaran filosofis, mitos, sejarah yang erat dengan kehidupan liar. Jadi, selain menyediakan wisata satwa, Bali Safari and Marine Park memiliki visi pendidikan dan budaya yang kuat.

Di sana, pengunjung dapat merasakan kenyamanan memberikan makanan kepada satwa, bersentuhan secara langsung dengan satwa terlatih, dan menonton pertunjukan binatang (animals education and conservation show). Ya, Anda akan melihat dengan takjub kehebatan ‘panggung teater’ binatang yang lihai berperan sesuai alur cerita. Maka, Bali Safari and Marine Park yang cocok untuk segala usia ini, dapat menjadi andalan destinasi wisata keluarga Anda.

Saya juga menyaksikan pertunjukan gajah yang piawai, yang menceritakan kehebatan gajah-gajah dalam berlakon di sebuah adegan cerita. Mampu membawa emosi rasa haru dan kasihan. Dalam hati saya kagum namun juga berharap, gajah-gajah, dan semua binatang pintar itu, dilatih tanpa kekerasan.

Konsep taman wisata Bali Safari and Marine Park. (foto: travelbali.id)

Sebenarnya ada hal terlewat yang amat saya sesali, yaitu Bali Agung Show. Bagaimana tidak, pertunjukan itu tersiar sangat luar biasa, bertaraf internasional, dan saya tidak menyaksikannya. Waktu itu memang saya memilih untuk menemani anak bermain di waterpark. Maka saran saya, bagi Anda yang hendak ke Bali Safari and Marine Park, silahkan perhatikan jadwal di sana. Mengantar anak menikmati waterpark, bisa dilakukan selesai menonton Bali Agung Show yang memang hanya main sekali.

Bali Agung Show. Pertunjukan bertaraf internasional di Bali Safari and Marine Park. (foto: hotels.com)

Oh ya, toilet di sana amatlah bersih. Biasanya, wanita enggan untuk buang air di kloset duduk milik umum. Namun di sana disediakan semacam kertas pelapis sekali pakai, khusus untuk melapisi kloset duduk. Ruang souvenir ditata cukup menarik. Demikian pula dengan restoran yang tersedia di sana, sajian nikmat dengan panorama menarik.

Taman Safari Indonesia, khususnya Bali Safari and Marine Park ini, memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam hal penyediaan wahana taman safari, pengalaman ini membuat taman safari Bali, menjadi salah satu taman safari terbaik di Indonesia dan menjadi tempat wisata dan liburan keluarga terbaik di pulau dewata.

Waterpark, tempat bermain anak yang mengasyikkan di Bali Safari and Marine Park. (foto: balisafarimarinepark.com)

Tak pelak lagi, berkat keseriusan pengelola dan pemerintah di Bali, Bali Safari and Marine Park ini beberapa kali mendapatkan penghargaan, antara lain Indonesia Leading Theme Park dari Indonesia Travel and Tourism Awards (ITTA) 2012/2013 serta Cipta Award 2012 untuk kategori Pengelolaan Daya Tarik Wisata Buatan Berwawasan Lingkungan Tingkat Nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bali Safari juga menerima Best Tourist Attraction dari Best of Bali Awards 2012 dan Certificate of Excellence 2013 dari TripAdvisor. Penghargaan ini adalah kebanggaan taman konservasi di Pulau Dewata yang berdiri sejak 2007 itu.

Harga tiket masuk?? Cukup setimpal kok dengan segala edukasi yang bakal Anda dan keluarga dapatkan dari sana. Kebun binatang berkonsep taman wisata seperti Bali Safari and Marine Park ini, layak disambangi untuk mendapatkan kekayaan rohani keluarga Anda.

LEAVE A REPLY