Bagi yang Ramadan di Medan, Sudah Tengok Istana Maimun?

0
516
Foto: Job-Like.com

Anda yang menikmati Ramadan di Medan, sudahkah mengunjungi Istana Maimun?  Salah satu bangunan bersejarah yang terletak di pusat Kota Medan. Dekat kok, dengan Masjid Raya Medan. Jadi, Anda bisa wisata religi di beberapa tempat sekaligus!

Istana Maimun ini makin mengasyikkan suasananya karena lokasinya berdekatan dengan Ramadan Fair di Medan.

Magnet Istana Maimun amat kuat. Ada nilai historis yang  kisahnya sangat menarik untuk disimak.  Peninggalan Deli ini pertama kali dibangun pada 1888 dan selesai di 1891.

Bangunan Istana yang Unik

Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah, yang merupakan keturunan raja ke-9 Kesultanan Deli merupakan pendiri Istana Maimunah ini.

Foto: www.radoriza.com

“Setiap hari selalu saja ada wisatawan. yang datang berkunjung ke sana,” tutur Ketua sekaligus Koordinator Umum GenPI Sumut Fitato, seperti dilansir Indopos.

Bangunannya amat unik. Selain nampak pengaruh Timur Tengah yang tampak pada bagian atapnnya, sentuhan budaya Eropa pun nampak. Dapat dilihat dari berbagai ornamen seperti pada pintu, lampu, meja dan jendela.

“Saat di Istana Maimun, semua orang pasti akan merasakan budaya melayu yang kental dari gaya bangunannya,” tambah Fitato.

Hal itu terlihat dari dominasi warna kuning pada bangunan istana. Desainnya yang unik juga merupakan paduan dari sentuhan budaya Belanda, Spanyol, India, Turki, dan Italia.

“Pengaruh Islam juga terlihat jelas pada lengkungan atapnya. Bentuk lengkungannya sangat populer di kawasan Timur Tengah seperti India dan Turki,” urai Fitato.

Tiga Bagian Penting Istana Maimun

Istana Maimun punya tiga bagian penting dalam bangunannya. Pertama, bangunan  utama.  Kedua bangunan  sayap kiri. Ketiga, bangunan sayap kanan.

Foto: majalahasri.com

Pada bangunan utama, terdapat ruangan yang besar yang dulu kala digunakan untuk kegiatan adat kerajaan. Sekarang, di ruangan ini, kita bisa melihat koleksi peninggalan kerajaan, seperti kursi, meja, lemari.

Wisatawan dapat melihat Meriam Puntung di komplek Istana Maimun wistawan ini. Konon, meriam ini adalah jelmaan dari Mambang Khayali, adik Putri Hijau dari Kerajaan Deli Tua.

Kisahnya cukup unik, Mambang Khayali berubah menjadi meriam saat mempertahankan istana dari serbuan Raja Aceh, akibat pinangannya ditolak oleh Putri Hijau yang cantik.

Wah, seru ya! Anda bisa kok berpose bagai raja dan ratu Melayu, lengkap dengan baju adatnya. Disediatan jasa penyewaan di lokasi wisata Ramadan ini. Yuk!

LEAVE A REPLY