Backpacker-an di Makassar? Bakal Tetap Asyik Dengan 6 Tips Ini!

0
490
Bulit Ollon, Toraja. (Foto: blog.reservasi.com)

Wisata hemat ala backpacker di Makassar? Siapa takut! Banyak siasat untuk dapatkan akomodasi dan transportasi agar tetap terjangkau kok! Pengalaman traveling Anda akan tetap asyik, dengan beberapa tips yang bisa diterapkan.

Untuk bisa mengeksplorasi Makassar dengan leluasa namun juga tetap bisa ‘menjaga’ ketenangan batin, bersumber dari Okezone, ada 6 tips untuk Traveler nih!

1. Lakukan Perjalanan pada Malam Hari

Sebuah restoran terapung dilihat dari Pantai Losari. (foto: Purwono Nugroho Adhi/Travel Today Indonesia)

Lho, kenapa? Nah, salah satu penyebab bengkaknya biaya liburan adalah dana yang dikeluarkan untuk menginap. Trik bagi Anda yang ingin menghemat dana, yaitu dengan melakukan perjalanan pada malam hari.

Menggunakan bis malam saat akan menuju Tanah Toraja, bisa menekan pengeluaran yang sedianya dialokasikan untuk hotel, bukan? Bis malam di Makassar cukup nyaman kok untuk beristirahat. Namun, tetap harus waspada dengan barang bawaan, ya!

2. Cari Akomodasi Murah

Di Makassar banyak terdapat pilihan akomodasi berupa wisma, hotel, atau hostel dengan harga yang beragam tergantung fasilitasnya. Carilah penginapan dengan rate per malam yang murah. Coba cek di website penyedia tiket pesawat dan hotel murah, jangan lupa pertimbangkan pengalaman teman yang pernah melakukannya.

 

3. Pemilihan Tempat Wisata

Keindahan sunset Pantai Losari. Wajib bagi Traveler! (foto: iklantravel.com)

Cari destinasi wisata yang murah namun tetap menarik agar liburanmu tetap asyik! Banyak kok di Makassar. Pantai Losari (ini spot wajib bagi siapa pun yang sedang berada di Makassar), Pantai Tanjung Bira, Benteng Fort Rotterdam, Benteng Sumba Opu, Masjid Apung, Taman Batu Rammang-Rammang, Kawasan Pegunungan Karst. Banyak kan? Itu masih belum disebutkan semua lho!

4. Rental Kendaraan

Selain akomodasi menginap, pos lain yang memakan dana cukup besar adalah transportasi, terlebih jika kita berkunjung ke banyak tempat yang lokasinya berjauhan satu sama lain. Untuk menekan biaya, lebih baik manfaatkan jasa sewa motor yang banyak terdapat di lokasi.

Secara matematika, menyewa motor jauh lebih murah daripada harus naik kendaraan umum atau menyewa mobil. Selain itu, kita juga bisa lebih bebas ke mana saja karena motor lebih praktis dibawa, bahkan ketika melewati daerah dengan medan yang sulit. Nah, tuh!

5. Bawa Senter

Ya, di Makassar ada wisata jelajah gua yang menarik dan wajib dicoba, yakni Londa. Untuk bisa melihat lokasi makam di dalam gua yang kondisinya gelap gulita, biasanya pihak pengelola menyewakan lampu petromaks dengan harga tertentu. Nah, perkecil pengeluaran dengan membawa senter sendiri. Oke kan?

6. Kuliner Lezat dan Hemat

Pisang epe kudapan khas Makassar yang patut Anda cicipi. (foto: Purwono Nugroho Adhi/Travel Today Indonesia)

Mumpung di Makassar, jangan lupa mencicipi aneka kuliner khas setempat yang tidak hanya lezat, tapi juga murah, seperti coto Makassar, pisang epe, konro, bubur titi, lae-lae, bubur Makassar, palubasa serigala, dan sebagainya. Belinya jangan di mal atau restoran berbintang ya! Street food juga oke kok! Pilih yang harganya sudah tertera di lembar menu ya!

LEAVE A REPLY