Babat Gongso Semarangan, Enak dan Ngangeni

0
157
Sepiring babat gongso khas Semarangan yang enak (Foto Purwono NA/Tarveltoday)

Kuliner Babat Gongso ala Semarangan, memang terbilang sebagai kuliner khas yang selalu dicari orang. Kota Semarang pun menjadi salah satu predikat surganya dan gudangnya masakan babat gongso. Sekarang ini pun, sudah ada puluhan warung makan penjual babat gongso ala Semarangan yang bertebaran di penjuru kota.

Beberapa yang terkenal antara lain adalah Babat Gongso Pak Karmin yang sudah dikenal begitu lama. Ada pula Babat Gongso Warung Pak Sabar dan Pak Taman yang juga tak kalah terkenalnya. Babat gongso sendiri merupakan suatu jenis kuliner yang menggunakan daging jeroan dengan cara ditumis dan dipadu bumbu kecap yang membuatnya sedap.

Semarang dikenal Surganya Babat Gongso

Tentu karena adonan jeroan dan tumisnya yang padat dengan minyak dan kecap, membuatnya bukanlah masakan sehat. Namun, karena enaknya, membuat makanan ini populer dan ngehit di kalangan para traveler, khususnya ketika mampir si Kota Semarang.

penggorengan yang khas, di warung-warung spesial babat gongso (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Semarang memang sudah dikenal lama sebagai sentranya kuliner babat jeroan dengan berbagai macam variasinya, dari nasi goreng babat hingga babat gongsonya. Persaingan warung makan babat gongso di Semarang pun terbilang kompetitif, sehingga Anda tentu akan menemukan banyak warung yang menyediakan babat gongso ini dalam berbagai olahannya.

Konon, kuliner Babat Gongso ini diawali dan berasal dari daerah pesisiran Purwodadi. Maka, Anda pun dapat menemukan sajian Babat Gongso ini di berbagai tempat di jalur pantura antara Semarang hingga Jepara, dari nasi goreng babatnya hingga sop babatnya.

Salah satunya di warung Nasi Goreng Babat Tiara

Travel Today Indonesia mencoba menelisik sajian Babat Gongso ala Semarangan yang warungnya terletak di daerah Jalan Pedurungan Kidul, tepatnya di Jalan Fatmawati Semarang. Warungnya memang menyajikan berbagai menu olahan babat dengan khasnya nasi goreng. Babat Gongso yang dihadirkan dengan gaya ala Semarangan yang kental dan pedas.

Salah satu warung spesial babat gongso dan nasi goreng babat di daerah Pedurungan (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Spesial Nasi Goreng Babat Tiara ini memang sudah berdiri sejak tahun 1987 dengan khas pada babat gongsongnya yang enak. Harganyapun rata-rata, sekitar Rp. 20.000 per porsinya. Tentu, banyaknya para penyaji babat gongso di Semarang, akan membuat Anda mempunyai banyak pilihan yang lebih kompetitif, karena sekali lagi, Semarang merupakan surganya kuliner babat gongso.

LEAVE A REPLY