Awas, Jangan Dekat-Dekat Sie Kameng Saat Ngabuburit di Aceh!

0
424
Sie Kameng, menu khas Aceh saat Ramadan. (Foto: herrizal/steemit.com

Wah, Traveler , ngabuburit di Aceh memang mengasyikkan, apalagi saat menonton orang masak Sie Kameng, gulai kambing yang banyak dimasak orang Aceh saat Ramadan. Tapi awas, tahan godaan ya.

Butuh waktu 2 jam lebih lho, untuk memasak Sie Kameng ini. Semerbak wangi rempahnya dan empuk daging kambingnya memang amat menggoda.

Di bulan Ramadan, kuliner memang banyak dijajakan menjelang magrib tiba. Nah, di Aceh Sie Kameng ini adalah salah satu kuliner yang terbuat dari olahan daging kambing, yang rasanya sangat lezat dan bikin ketagihan.

Gulai Kambing Dengan Bumbu Khas

Menurut travel.detik.com, Sie Kameng ini semacam gulai kambing yang diolah dari berbagai bumbu khas Aceh,  diaduk dan dimasak di dalam wajan besar yang disebut Beulangong dalam bahasa Acehnya.

Dimasak beramai-ramai begini, aromanya amat menggoda selera. (Foto: steemitimages.com)

Maka, jadilah kuah yang disebut  Beulangong, begitu sebutannya. Sebenarnya, kuliner ini tak hanya di bulan Ramadan, hampir setiap hari disediakan di berbagai warung di Aceh.

Namun saat bulan Ramadan,  ada tradisi buka puasa bersama. Kuah Sie Kameng merupakan menu yang disukai dari beberapa kalangan pecinta kuliner.

Untuk membuat kuliner ini, setiap wajannya bisa saja diisi satu bahkan dua ekor kambing sesuai berat kambing tersebut.

Tentunya kambing sudah disembelih dengan cara syariah dan kemudian dicincang sesuai ukuran yang diinginkan. Biasanya ukuran lebih kecil agar nantinya bisa lebih lunak saat dimakan.

Rempah-Rempah yang Kaya

Kuah Sie Kameng  ini makanan khas Aceh yang rasanya lezat dan tebal karinya. Dagingnya empuk, sempurna oleh rempah-rempah yang begitu kaya dan kuat membuat Kuah Sie Kameng begitu populer.

Kuah Sie Kameng memang menjadi salah satu menu kuliner khas Aceh. (foto: kantorkementrianagama.wordpres)

Bagaimana tidak lezat, berbagai rempah ‘hadir’ dalam kuliner Aceh ini. Bayangkan saja, tak tanggung-tanggung, sampai-sampai 22 bumbu rempah dicampurkan di sana.

Tak semua orang dapat meraciknya dengan pas. Terlalu sedikit atau malah kelebihan saja, rasa Sie Kameng ini juga jadi terasa kurang.

Nah, bila Anda datang ke Serambi Mekah ini, tak afdol bila tak merasakan kuliner khas ini. Tenang saja, cukup banyak restoran dan warung yang menyediakan menu ini, sehingga Anda dapat menjumpainya.

Selain itu, di perayaan khusus, menu ini hampir selalu ada. Sebab, hidangan spesial Aceh ini juga penting selama acara pernikahan, acara tradisional, dan hari-hari raya keagamaan lainnya.

Apalagi saat Bulan Ramadan ini. Baunya bakal kemana-mana. Maka, awaslah jika sedang ngabuburit di Serambi Mekah ini.

LEAVE A REPLY