Asyiknya Sarapan Soto Lenthok Pak Man

0
482
Soto Lenthok Pak Man yang segar dengan lenthok dan tirian tempe bacamnya (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Soto Lenthok Pak Man yang berada di pinggir Jalan Prof. Herman Yohanes, Terban, Gondokusuman, Jogja, memang menawarkan kesegaran tersendiri. Kekhasan soto ini memang pada lenthok-nya, semacam perkedel yang bukan dibuat dari bahan baku kentang, namun dari ketela.

Travel Today Indonesia berkesempatan untuk mampir mencicipi soto yang satu ini. Soto Pak Manmembuka warung kaki limanya di pagi hari, kurang lebih pukul 06.00 hingga pukul 13 siang. Maka, soto ini dikenal sebagai makanan untuk sarapan pagi.

gerobak yang khas dan senantiasa menghiasi para pedagang soto di Jogja (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Sejak dibuka pada pagi hari, sudah berderet motor dan mobil yang parkir di sepanjang jalan tempat Soto Pak Man mangkal. Untungnya, sekarang jalan ini, dibuat dengan satu arah, sehingga deretan motor para pengunjung tidak sampai membuatnya macet.

Soto Lenthok Pak Man sungguh unik karena disamping butiran lenthok ketelannya, juga ada irisan tempe bacem yang dipotong kecil-kecil bercampur dengan kaldu dan suwiran ayam yang melezatkan. Tentu bagi orang yang belum biasa merasakan lenthok dan irisan tempe, mungkin terkesan aneh, namun itulah kekhasan soto Jogja yang akan membuat Anda rindu untuk senantiasa menikmatinya.

Soto Lenthok Pak Man di Jalan Prof. Herman Yohanes, Terban Jogja (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Apalagi, Anda disuguhi juga makanan pengiring seperti aneka sate, dari sate ayam, sate usus, hingga sate telur yang akan menambah selera makan. Dan sekali lagi, Soto Pak Man, adalah soto khas Jogja, maka senantiasa ada taburan kubis dan aroma kunir yang melengkapi kesegarannya.

Sejenis soto lenthok ini memang umum bertaburan di pelosok Jogja. Anda mudah menemukan soto jenis ini di daerah Tugu, Pakualaman, Kotagede, hingga Bantul. Namun, cicipilah Soto Pak Man yang termasuk nomor wahid bagi pilihan berbagai tawaran soto lenthok Jogja lainnya.

LEAVE A REPLY