Asyiknya Kampung Gurami, Kampung Edukasi dan Sentra Kuliner Gurami

0
444
Area masuk ke Desa Seduri, Kecamatan Wonodadi, yang dikenal sebagai kampung Gurami (Foto cdn-img.jatimtimes.com)

Kampung Gurami yang tepatnya berada di Desa Seduri, Kecamatan Wonodadi, Kota Blitar Jawa Timur ini memang menyajikan sebuah sensasi kampung dengan nuansa pedesaan dengan edukasi sentra ikan gurami. Dalam laman news.detik.com, dikatakan bahwa kampung ini mampu menghasilkan 400 ton ikan Gurami per tahunnya, yang dipasarkan di seluruh Indonesia.

Sebagai sentra penghasil ikan gurami, membawa desa ini sebagai desa wisata vokasi yang cukup populer di Blitar. Apalagi, para pengunjung tidak hanya diajak berkuliner merasakan sensasi masakan ikan guraminya, melainkan juga edukasi pembibitan hingga pembudidayaan, serta pemberdayaan ekonomi melalui ikan gurami ini.

Desa Vokasi dari Kuliner Hingga Edukasi

Jika Anda mengunjungi desa ini, maka Anda akan dihadapkan pada pemandangan area persawahan dengan hamparan kolam ikan gurami yang tersebar di sudut-sudut desa. Di samping suguhan kolam budidaya ikan gurami, Anda juga dapat menikmati sensasi kuliner ikan bakar guraminya yang enak dan terkenal.

Maka, untuk menarik ikon wisata dan sebagai desa vokasi, ketika Anda memasuki area dan kawasan desa ini, ada sebuah patung ikan gurami raksasa yang seakan menjadi penanda dan menyambut Anda mengunjungi desa ini. Bahkan, patung ikan gurami raksasa itu, dibuat sebagai layaknya pintu masuk atau gerbang desa.

Sajain gurami bakarnya yang enak yang rumah makannya tersebar di sudut-sudut desa (Foto 1.bp.blogspot.com)

Di desa ini pun Anda dapat memilih dan menyambangi berbagai rumah makan rumahan sederhana yang menyajikan berbagai menu olahan gurami, dari gurami bakar, goreng, asam manis, garang asam, hingga roll. Anda dapat menikmati, sambil merasakan suasana pedesaan yang masih asri dan nyaman ini.

LEAVE A REPLY