Alam Papua yang Ganjil dan Ajaib, Pasir Putih di Lembah Baliem

0
559
Foto: ceuceumeo2.blogspot.co.id

Traveler, pasir putih di pantai itu biasa, tapi di lembah? Di Papua, Anda dapat temukan pemandangan ganjil dan ajaib ini. Ya, Pasir Putih di Lembah Baliem.

Tepatnya, Desa Aikima di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Sekitar 15 menit dari Wamena dengan kendaraan bermotor.

Jadi pasir putihnya seolah menghiasi sepanjang bukit dan lembah, di antara bebatuan dan tanaman hijau. Keren bukan?

Ya, cuma di Wamena inilah terhampar lautan pasir di tengah gunung. Bahkan, menurut warga setempat, pasir tersebut bercita rasa asin. Padahal tak ada sumber atau mata air yang menghasilkan garam.

Foto: static.viva.co.id

Teruskanlah  perjalanan Anda hingga ke bukit teratas batuan tersebut, maka Anda dapat melihat keseluruhan Lembah Baliem dari atas serta pemandangan sawah nan hijau yang menyegarkan mata.

Para wisatawan dibuat takjub menikmati keindahannya. Apalagi menyaksikan anak-anak Wamena yang  terhibur dengan fenomena ini. Mereka bergembira bermain di sana.

Pasir putih ini tak hanya berada pada satu titik saja lho. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayawijaya, Alpius Wetipo mengatakan bahwa, pasir putih di tengah pegunungan tidak hanya ada di satu area saja, melainkan beberapa titik. Seperti di Distrik Pisugi, Desa Aikima, Kampung Tulem, dan Habema.

Foto: backpackerjakarta.com

Ditinjau dari sejarahnya, menurut jadiberita.com, Lembah Baliem ini dahulunya adalah sebuah danau besar bernama Danau Wio. Hamparan pasir putih tersebut dicurigai sebagai peninggalan dari danau tersebut.

Pada 1813 terjadi sebuah gempa dahsyat yang menyebabkan pergeseran lempeng bumi dan perubahan geologi. Setelah berubah, maka air danau tersebut surut dan membentuk sungai yang kini menjadi sungai Baliem. Sejak saat itu, danau Wio pun berubah menjadi Lembah Baliem.

Traveler, jika Anda penasaran dengan tempat ini dan ingin menyambanginya, siapkan perlengkapan ‘memburu’ Anda, yaitu kamera. Anda bakal rugi bila tak sempat mengambil gambar sesempurna mungkin dari tempat ini.

Satu lagi, akan lebih menarik bila Anda datang bertepatan dengan Festival Lembah Baliem 2018. Kalau tak berubah, tepatnya tanggal 8 hingga 10 Agustus 2018.

Ayo Traveler, siapkan perjalanan Anda menuju tempat indah ini,…Pasir Putih di Lembah Baliem.

LEAVE A REPLY