Air Terjun Kerta Gangga, Keindahan yang Membuat Anda Ternganga

0
554
Air terjun Kerta Gangga di Lombok Utara. (foto: adventure-lombok.com)

Lombok Utara tersohor dengan sejumlah destinasi wisata alam. Salah satunya adalah air terjun Kerta Gangga yang terletak di Dusun Kerta, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga.

Kerta Gangga memang terkenal keindahannya. Di lokasi ini terdapat 3 buah air terjun dan 2 tingkatan air terjun. Masing-masing ketinggiannya antara 35 meter dan 40 meter. Jika traveler sulit untuk membayangkan, imajinasikanlah undakan. Begitulah Kerta Gangga punya pesona.

Tak hanya air terjun yang bakal memukau mata anda. Pemandangan di sekitar air terjun begitu indah. Sawah hijau terhampar juga pepohonan di rimbunnya hutan.

Perjalanan menuju lokasi air terjun juga sangat menyenangkan. Sawah-sawah penduduk setempat terbentang sepanjang perjalanan. Kelelahan menyusuri jalan menuju air terjun ini akan terbayar lunas begitu melihat Kerta Gangga yang indah.

Air Terjun Kerta Gangga. (foto: konsortium.com.sg)

Ternyata, Kerta Gangga tak hanya menarik wisatawan domestik, namun juga mancanegara. Bahkan Jennifer Lopez dan Brad Pitt pernah juga menikmati kesejukan air di Kerta Gangga.

Menuju ke sana

MenurutĀ sites.google.com, air terjun Kerta Gangga berjarak sekitar 42 km arah utara dari Kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam saja. Jika dihitung dari pusat pemerintahan Kecamatan Gangga, kurang lebih 7 km. Rute perjalanannya adalah Mataram- Pemenang-Tanjung-Gondang-Lendang Bagian-Penjor-Kertaraharja.

Untuk mencapai lokasi objek wisata tersebut, dapat mempergunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan kondisi jalan relatif baik. Hanya saja, berhati-hatilah sebab pada 2 kilometer terakhir menjelang tiba di lokasi jalannya kurang bagus.

Setelah traveler sampai di area parkir, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki. Ingat ya, anda harus berjalan menanjak sejauh kira-kira 500 meter dalam waktu setidaknya 10 menit sampai tiba di lokasi yang sejuk ini. (*)

LEAVE A REPLY