Air Terjun Cuup Psuk, Tulisan Alay yang Membekas di Hati Wisatawan

0
91
Foto: jelajahhutan

Provinsi Bengkulu punya banyak destinasi wisata alam yang patut dan layak untuk dinikmati oleh Traveler. Air terjun Cuup Psuk adalah salah satunya. Tempatnya indah sekaligus unik. Unik dengan tulisan ‘alay’-nya. Namun nampaknya, tulisan-tulisan inilah yang justru meninggalkan kesan spesial dan tersendiri.

Air terjun Cuup Psuk berada di Kabupaten Bengkulu Tengah. Tepatnya di Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang, atau berjarak sekira 34 kilometer dari Kota Bengkulu.

Cuup dalam bahasa daerah Suku Rejang, berarti air terjun. Sementara, Psuk berarti lobang. Sehingga oleh masyarakat setempat memberi nama obyek wisata air terjun Cuup Psuk.

Foto: jelajahhutan

Sekretaris Desa (Sekdes) Penembang Kecamatan Merigi Kelindang, Ari Hanggara dalam Okezone menceritakan, nama Air Terjun Cuup Psuk disematkan, lantaran dibagian atas air terjun terdapat kolam yang lobang berdiameter cukup besar.

”Persis dibagian atas air terjun terdapat lobang, yang cukup untuk satu orang. Makanya, oleh orang terdahulu masyarakat sini (Penembang) memberi nama air terjun Cuup Psuk,” cerita Ari.

Tulisan Alay yang Membekas di Hati Wisatawan

Traveler, selain kisah tentang air terjun, sebenarnya ada hal unik lain dari tempat wisata ini. Ya, tulisan-tulisan alay ‘berceceran’ di lokasi wisata ini.

Coba bayangkan, ada semacam papan petunjuk menuju air terjun bertuliskan ‘Jalan Bareng Jadian Nggak’.

Belum cukup dengan itu, pengelola juga memasang papan yang tulisannya berupa himbauan bagi kaula muda supaya tidak membuang mantan di sekitar air terjun.

Foto: lifestyle.okezone.com

Imbauan tersebut bertuliskan ‘Dilarang Buang Mantan Disini.’ Tulisan itu terpasang sekitar 20 meter menuju lokasi air terjun Cuup Psuk. Hehe, lucu kan?

Menurut Ari Hanggara, inspirasi pemberian nama ‘alay’ itu muncul dari kalangan anak muda Karang Taruna Desa, untuk menarik pengunjung. Jadi tulisan alay ini bisa membekas di hati wisatawan.

”Setidaknya, pengunjung yang sudah ke sini bisa terkenang bukan hanya karena wisatanya yang indah. Namun, juga memiliki keunikan lain, seperti papan merek ‘alay’ yang terpasang menuju ke lokasi air terjun,” pungkas Ari.

Bagaimana Traveler? Cukup dapat menggoreskan kesan dan penasaran mendalam kan, destinasi air terjun Cuup Psuk ini?

LEAVE A REPLY