Ada Wisata Cokelat di Garut, Replika Candi Cangkuang Jadi Daya Tarik

0
631
Foto: www.tamacokelat.com

Wisata baru kembali hadir di kawasan Garut, Jawa Barat. Replika Candi Cangkuang dari bahan cokelat menjadi salah satu daya tariknya. Namanya; Chocodot World Magical Chocodot Experiance.

“Kita ingin menciptakan wisata baru di Garut. Sekaligus mengedukasi pengunjung dengan membuat museum cokelat ini,” kata Bisnis Development PT Tama Cokelat Indonesia, Asep Mausul kepada wartawan di Garut, Minggu (21/01) dalam infonawacita.com.

Museum cokelat yang dikemas dengan wisata kuliner oleh-oleh cokelat produk Chocodot itu, kata Asep, sudah berdiri sejak 2017. Dengan tujuan membantu Pemerintah Kabupaten Garut dalam menambah destinasi wisata baru.

Foto: Tribun Jabar

“Kita itu mendukung pemda untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Sekaligus mengedukasi pengunjung untuk tertarik berwirausaha,” katanya.

Ia menyampaikan, wisata cokelat itu menyajikan wahana yang berkaitan dengan cokelat. Mulai dari berbagai jenis kakao di Indonesia. Termasuk berbagai jenis makanan olahan dari cokelat.

Demikianlah wisata baru di kabupaten Garut yang terdapat begitu banyak informasi tentang sejarah cokelat di dunia dan sampai ke Indonesia.

Selain itu, lanjutnya, mengenalkan sejarah Chocodot dengan berbagai kemasan pertama hingga yang terbaru. Serta yang utama, bangunan replika Candi Cangkuang sebagai ciri khas candi dari Garut yang dibuat dari cokelat.

Foto: www.tamacokelat.com

“Kita ada replika Candi Cangkuang yang dibuat dari cokelat. Dengan tinggi sekitar tiga meteran. Menghabiskan cokelat sebanyak 1.700 kilogram,” katanya.

Walaupun terbuat dari cokelat, menurut viva.co.id, jangan salah bahwa miniatur bangunan tersebut tidak bisa dikonsumsi, karena sudah diberikan zat pengawet. Miniatur bangunan tersebut hanya bisa dilihat, dan bebas dipergunakan untuk berfoto-foto selfie.

Miniatur bangunan Candi Cangkuang dan bangunan lainnya yang terbuat dari cokelat tersebut mampu bertahan hingga dua tahun lamanya, asalkan suhu udara tak berubah antara 28-30 derajat celsius. Jika suhu udara melebihi 30 derajat maka miniatur bangunan tersebut akan meleleh.

Bila ingin menikmati, pengunjung wisata cokelat dapat menyaksikan demonstrasi pembuatan cokelat. Serta dapat merasakan langsung sensasi rasa cokelat.

Pengunjung juga dapat berbelanja berbagai jenis produk cokelat dan pernak-pernik. Seperti gantungan kunci, boneka, kaos dan bantal yang bertemakan produk Chocodot, dan dapat mengoleksi berbagai jenis produk cokelat yang ditawarkan.

LEAVE A REPLY